Beranda > Bisnis > Mau Buka Usaha Cetak Foto HP?

Mau Buka Usaha Cetak Foto HP?

Sudah banyak yang menggabungkan jenis usaha konter handphone dengan cetak foto digital dari handphone atau ponsel. Mesin pencetak atau istilah kerennya printer jaman sekarang harganya sudah sangat terjangkau dan kualitas hasilnya pun juga sangat memuaskan. Pilihan-pilihan yang tersedia pun juga banyak, kita tinggal menyesuaikan kebutuhan dan kantong kita. Begitu juga dengan jenis kertasnya, pilihannya pun sangat beragam bahkan bisa bikin bingung buat orang-orang yang mau buka usaha cetak foto. But, don’t worry. Kami akan mengulas sampai tuntas tentang hal yang satu ini. Diharapkan setelah ngebaca artikel ini bakal tidak bingung dan semangkin mantep, hehehe. Satu hal lagi, software yang dijelaskan di bawah ini adalah Freeware alias gratiss. Jangan kuatir kalo nanti mau di Gerebek Om Polisi. Yuk kita simak keterangan selanjutnya.

Software yang diperlukan :

  1. XNView (Freeware) 3,6 MB
    Ini software untuk edit foto, hamper sama kayak ACDSee. Silakan klik sini untuk pembelajarannya.
  2. Canon Photo Record (Freeware)
    Software ini bisa jadi alternatifnya software cetak foto bawaan printer Epson (Epson Easy Photo Print, dijelaskan kemudian). Aku dapet Canon Photo Record pas beli kamera Canon. Ya udah dimanfaatin aja. Khan gratis. Kalau ada Grebekan Polisi bilang aja kalau itu Free dari kamera Canon, biar itu Polisi beli kamera juga :p Oke, lanjut ke sini.
  3. Epson Easy Photo Print (Freeware)
    Yah, kurang lebih hamper samalah kayak punya Canon. Cuman kalau ini produknya Epson. Kalau saya sih lebih suka Canon Photo Record. Software Epson ini bisa didapat di CD driver bawaan printer Epson Anda ketika beli.
  4. GIMP (Open Source)
    Kalau ini gantinya Photo Shop. Biasanya buat ganti background atau editing foto handphone. Cuman saya ndak nyediakan tutorialnya. Silakan cari saja di Google. Tapi kalau ternyata peminatnya juga banyak, ya bolehlah saya sediakan. Silakan kirim komentar di bawah ini.

Printer yang kami rekomendasikan adalah Epson R230 (sampai tulisan ini diterbitkan, Printer R230 masih terbit dengan harga kisaran Rp. 1,250 juta-an) dan dimodifikasi menggunakan cartridge internal modifikasi, BUKAN INFUS. Kalau di kota Malang saya belinya di Isillo dengan harga paket Rp. 360.000 untuk 6 cartridge modifikasi. Kenapa tidak menggunakan sistem infus? Karena lebih cepat rusak, hal ini dikarenakan cartridge infus membawa beban lebih berupa selang modifikasi, sedangkan kalau pakai cartridge modifikasi yang internal tidak cepat rusak. Hal ini saya buktikan pada ke tiga Printer R230 saya.

Yang perlu Anda ketahui tentang Epson R230 :

  1. Warna cerah, jernih dan bagus karena punya 6 warna/6 cartridge
  2. Resolusi udah tinggi, yaitu 5760 x 1440 dpi
  3. Cartridge modifikasi mudah dicari
  4. Harga lumayan terjangkau, kalau ini sih relatif.
  5. Kecepatan ngeprint lumayan banter (15 ppm untuk warna maupun black, ppm = paper per minute)
  6. Borossss… Proses cleaning saja ngebuang banyak tinta.
  7. Hasil foto bisa pudar, alias tidak seberapa tahan lama, apalagi kalau kena sinar matahari

Nah, selain printer Epson R230 di atas, ada pilihan lagi yaitu Epson C79 atau C90 Durabrite (sampai tulisan ini diterbitkan, printer ini juga masih terbit dengan harga di kisaran Rp. 500.000-an). Kok lebih murah? Iya donk, karena dia cuman 4 warna saja, hanya teknologinya sudah Durabrite. Apa itu? Tinta durabrite merupakan tinta anti pudar dan tahan lama.

Yang perlu Anda ketahui tentang Printer Epson C79/C90 :

  1. Cuma 4 warna saja (CMYK=Cyan Magenta Yello Black alias biru, merah kuning dan hitam)
  2. Kecepatan ngeprint lambat sekali
  3. Tintanya anti pudar, diklaim pihak Epson bisa tahan sampai 120 tahun –> khayal, emang pernah riset sampai 120 tahun? Tapi setelah saya coba emang tahan lamaaa sekaliii.
  4. Hasilnya lebih burem, so tidak secerah dan sebagus R230
  5. Irit, lebih irit ketimbang R230.
  6. Resolusinya juga 5760 dpi
  7. Harga lebih terjangkau lagi :)
  8. Cartridge modifikasi juga gampang nyarinya (beli lho, bukan nyari..)
  9. Bisa pakai tinta biasa seperti punya Epson R230, langkah ini bisa mengirit karena harga tinta durabrite sekitar 3-4 kali lebih MAHAL.

Kalau mau printer durabrite yang lebih awet dan kuat (karena printer Epson durabrite jaman sekarang mudah rusak) bisa pakai C87, cuman sayang dah ga keluar, so Anda bisa cari barang bekas atau secondnya, kali aja masih ada yang punya.

Sekarang kita bahas masalah kertas. Untuk kertas foto Anda bisa pakai kertas glossy, tersedia banyak di pasaran (terutama toko komputer) mulai harga Rp. 12.000/pak sampai Rp. 40.000/pak isi 20. Saran saya pakai saja yang silky (di Malang untuk merk Akeno bisa mencapai Rp. 30.000), karena banyak orang suka. Kalau mau irit Anda bisa pakai kertas Inkjet di laminating, so Anda harus beli mesin laminating seharga kira-kira Rp. 350.000, kalau yang bagus bisa sampai Rp. 700.000. Nah, otomatis Anda harus beli juga film laminatingnya seharga Rp. 70.000/pak isi 100 lembar, kalau kertas inkjetnya sendiri sekitar Rp. 30.000/pak isi 100 lembar. Selamat berburu kertas di kota Anda masing-masing yaaa….

Kesimpulannya silakan Anda hitung sendiri perkiraannya. Kalau ada yang mau ditanyakan silakan kirim komentar di bawah seperti biasanya. Terima kasih.

Artikel Terkait :
Panduan Membuka Jasa Download HP Anti Gerebek

  1. Mei 20, 2008 pukul 5:14 am

    kem sukem ….. :-D

    wah, wong iki iso muncul dek kene. eruh soko endi ?

    • Januari 15, 2010 pukul 11:20 am

      ” mas saya mo tanya donk kalau printer epson C45 itu bisa ga untuk cetak foto….

      • Mei 30, 2011 pukul 3:35 pm

        wah, hasilnya sangat buruk kalau pakai itu… karena resolusinya masih rendah…

    • Mei 22, 2010 pukul 3:36 pm

      yo gk teko endi endi jadi piye iso gk belajar cetak ffoto ny

  2. ddxdcom
    Juni 29, 2008 pukul 2:47 pm

    mas…
    bagi software photo record ya dong!!!

    Thnk…

    pengen banget mbagi, tapi masternya 39megabyte pak, wadoh… mana internetku agak lelet lageee….

  3. Juli 9, 2008 pukul 9:19 pm

    kalo usaha cetak foto saya yakin bisa 100% legal dan halal. tapi kalo isi ringtone sangat sulit untuk legal dan halal. dari Rp.1000 yang kita bayarkan untuk ringtone download yang pake no premium, Rp.350 buat artis, Rp.350 buat pemilik usaha, sisanya buat operator (kalo ga salah lo, lupa-lupa lali soalnya)

    tapi tipsnya manjur lo, makasih…

    sama-sama, kalo ndak manjur bukan saya lho, huehehe

  4. Juli 9, 2008 pukul 9:23 pm

    oya satu lagi, dulu saya ada sedikit salah paham tentang pruduk freeware. setelah tak baca, ternyata kebanyakan freeware tu lisensinya untuk personal dan nonkomersial. temen saya bermasalah dengan warnetnya yang pake winamp, freeware kan? tapi untuk lingkungan komersial, penggunaannya adalah pelanggaran, tu kata bapak polisi yang sedang melaksanakan tugasnya.

    wadoh, kalo ttg winamp saya ga tau, makasih lho infonya…. makasih juga udah mampir ke sini :P

  5. AAP
    Juli 12, 2008 pukul 7:47 am

    Maz, aq new neeeh mo blajar, aq pki epson c90, trz foto res. 300pix/inc, setingan di printer pake best photo & pilihan kertas epson premium glossy, kertas yg aq pki Blue print stardust, tp hasil kog agak pecah…

    bingung neeh… plz help me… tq :-)

    mmm, mungkin emang source fotonya tuh, kalau emang foto yang mau dicetak agak burem ya kalo dicetak tetep burem, lha kalo aku jerawatan terus dicetak jadi ga keliatan ya mau dunk, hehehe…. settingan Anda udah bener kok, coba dicek pakai foto yang laen dulu, ntar kabarin ke aku hasilnya…salam kenal

  6. AAP
    Juli 16, 2008 pukul 11:13 am

    trimz, maz
    tp mseh pecah…(bintik2 pixel nya msih kelihatan / pixel tidak rapat). Apa penyebabnya karna diinfus ya maz…

    kemarin aq cetak foto utk istri q tp malah kelihatan pixel2 nya..
    trz kl simpan foto bagus nya pake JPEG ato BMP…

    kl kertas bagusan stardust atow silky maz…

    tq…berat..

    coba di “nozzle check” dulu. Kalo hasil nozzlenya sempurna (tidak ada yg terputus) dan settingannya sudah sesuai pasti hasilnya bagus. Berarti ada kemungkinan source fotonya yang kurang bagus. coba anda lihat di layar monitor komputer Anda, apakah bintik2nya keliatan juga? kalo keliatan juga ya pasti hasil ngeprintnya jg bakal keliatan. untuk mendapatkan hasil foto terbaik coba baca ini http://ponselvaganza.com/tips-berkamera-dengan-ponsel/

    kalo hasil yg bagus untuk masuk cetak, menurut saya sama saja (JPG dn BMP), mending pakai jpg saja yang ukurannya lebih kecil. kalo kertas saya lebih suka yang silky (ini masalah selera sih), meski stardust dan glossy juga bagus.

  7. AAP
    Juli 16, 2008 pukul 11:34 am

    Kira2 saran untuk kertas foto printer epson c90 apa maz??
    tq

    kalo saran saya sih pakai punya e-print untuk glossy, sedang kalau silkynya saya pakai Akeno. omong2 Anda ada di kota mana?

  8. AAP
    Juli 17, 2008 pukul 7:15 am

    tq maz…

    sy di kota pangkalpinang bangka belitung.
    akeno itu merk nya ya maz???

    ad beberapa temen nyaranin kertas silky tp blom tau yg kyk gimn, kmren aja yg stardust dpt info dari temen lngsung dibeli
    sy jg lg cri info tentang silky…

    mhon bimbingan ya maz…

    akeno nama tokonya, tapi kertas2nya juga diberi merk akeno. kayaknya sih belum buka di sana (bangka). silky ini banyak yg ngeluarin, ada merk SUN, digipro dll. bilang aja ke toko komputer kalo mau beli kertas silky untuk ngeprint foto, harga di kota saya (malang, jatim) sekitar 40 ribu-50 ribuan, cuman kalo akeno bisa 35 ribu. ciri kertasnya agak kasar kayak doffnya kalo kita cetak di fuji, cuman biasanya silky ini lebih kasar, saya suka teksturnya. kalo glossy khan halus dan biasanya mudah tergores, kalo silky lebih tahan gores. o iya gimana hasil cetakannya? kalo ndak keberatan coba kirim ke saya di sukma@majumundur.com, ntar saya analisa fotonya, kali aja emang source atau kualitas ngefotonya kurang bagus… salam…

  9. AAP
    Juli 18, 2008 pukul 7:16 am

    oke maz nanti saya kirim foto na…
    btw tq neeh dah ksih masukan.

    maab mo tny lgi …sy pernah ambil gambar di internet
    tp ukurannya kecil (120×160 dg 72dpi) tp wkt dibesarin pke potosop malah pecah..
    itu gimana maz…
    tq…

    ga bisa diapa2in. udah kecil resolusinya juga cuman 72 dpi, so mesti pecahnya. biasanya gambar di internet emang sengaja kecil biar loadnya ga berat… kalo mau nanya lagi gpp lho… aku tambang sueneng.

  10. dhean
    Juli 20, 2008 pukul 7:24 pm

    maz,
    aq mau nyoba buka usaha cetak foto…
    truz modalnya cma 3jtan
    bisa kasih tips n peralatan yang dibutuhkan gak??
    tq b4

    beli komputer bekas pentium 4 ada yang harga 1,5jt. card reader 30rb, bluetooth dongle 50rb, infrared 50 rb. printer baru C90 500rb, infus 350rb. beli kertas doff dan glossy @30rb/pak jadi 60rb. plastik untuk tempat foto dan kresek. kertas dan bolpen untuk nyatet transaksi. sisanya bisa buat papan nama (aku dulu buat sendiri dari triplek). semoga bermanfaat. pertanyaan berikut jangan sungkan ya…

  11. henri
    Juli 22, 2008 pukul 11:38 am

    wah trims atas informasi usaha cetak foto, tanya sedikit boleh dong, kertasnya mau dong di semarang ada ndak (aku pakai spectra silky 40.000/pak isi 20 aja), kalo mesin laminasinya tipenya apa itu dingin apa panas, plastiknya ada dove dan lainnya tidak. makasih

    kalo di semarang aku ndak tau, tapi yg jelas kertasnya pakai saja yg silky, biar keliatan lebih eksklusif, cuman lebih mahal (di malang paling murah 35rb isi 20). kalo glosy di malang paling murah 12 ribu isi 20. nah, kalau pakai glosy atawa silky, ga perlu di laminasi lagi. kalo pakai kertas inkjet baru dilaminating, soalnya inkjet tipis dan jatuhnya emang lebih mjurah seperti itu ketimbang pakai glossy atawa silky. semuanya tergantung selera sih.

  12. Juli 25, 2008 pukul 7:08 pm

    thank’s informasinya

    sama…sama….sama…sama….sama….

  13. Dannyt
    Juli 25, 2008 pukul 11:36 pm

    Mas buatin tutorial untuk freeware yang seperti adobe photoshop. soalnya kemarin temen2 aku di blok m ke tangkep semua dengan kasus yang sama. Bajakan software and HCI. THX

    aduh mas, turut berduka, yang sabar, jangan lupa tetap berusaha dan berdoa. maaf baru balas surat mas ini. saya usahakan deh, tapi di internet sendiri dah banyak tutorialnya kok, silakan cari lewat http://www.google.com, ntar kalao saya sempet bakal tak buatin…

  14. AAP
    Agustus 1, 2008 pukul 9:16 am

    maaf maz,blom sempet kirim foto na soalnya lagi benerin Net diskul trz kmren ad lomba jd lg sibux…

    btw mgk emg printer seh mslahnya…coz kmren coba ngeprin teks hasilnya putus2 (lbih bnyak putus dibanding nyambungnya)…

    btw kira2 kl modalnya 4jt-an msti beli apa maz nya utk bk foto studio…?kl printer foto bgusan epson/canon? tipenya ap? infus/ga?

    sowrie bnyk tanya… :-)

    banyak nanya ga masalah, semakin banyak nanya semakin larisa saya nih… 4 juta mau buka foto studio ya? kalau printer pakai Epson R230 saja, harganya kalo ga salah sekarang Rp. 1.500.000, terus cartridge modifnya (saya ga pakai infus, cepet rusak) Rp. 60rb/warna x 6 = Rp. 360.000. komputer bekas Pentium 4 Rp. 1.600.000. Kameranya pakai Canon (saya lupa serinya) yang harganya Rp. 1.500.000. Wah, ternyata bisa lebih dari 4 juta nih. Akan saya bahas di artikel saya selanjutnya. Tunggu tanggal mainnya di http://www.ponselvaganza.com.

  15. haryo
    Agustus 17, 2008 pukul 1:45 pm

    saya mau buka cetak fhoto digital,tolong dong bantu kasih tau apa saja peralatan yg harus saya persiapkan

    pertama pasti butuh komputer, speknya minimal Pentium 4 dengan RAM 512. kemudian printer R230 berikut sistem modifikasinya, terus card reader, infra merah dan bluetooth untuk transfer datanya. untuk lebih jelas silakan buka http://ponselvaganza.com/mau-buka-usaha-cetak-foto-hp

  16. Agustus 29, 2008 pukul 9:13 am

    mas kenapa foto hp tuh mesti jelek kalo udah di pindah di komputer??padahal pas di hp bagus nda ada noise sedikitpun.
    jadi tiap mu nyetak kudu edit2 sana sini. pa karena aku make linux??

    liat dulu resolusi si kamera hape, kalo resolusi kecil misal cuman 240×320 ya pasti bakal keliatan pecah di komputer, karena khan lebih keliatan gede. di hape bakal bagus karena “jeleknya” ketutup ama layar hape yg lebih kecil ketimbang komputer. coba Anda foto diri Anda sendiri, dan liat di hape, tuh khan si jerawat ga keliatan, tapi ketika di pindah kekomputer, jerawat Anda akan keliatan, ini sekedar contoh lho, jangan dimasukin hati, huehehehe…..

  17. martin
    September 9, 2008 pukul 10:18 am

    mas kl pake cartridge modifikasi ntar kl tinta abis ngisinya gmn? apa bisa isi sendiri? bukannya kl pake disuntik head jd cepat rusak? krn saya pernah bli cartidge bukan asli+tintanya (Di save print) cuma 4 bln headnya rusak(garis-garis kl buat cetak) printernya r230. saya jg pernah pke infus tp bisa smp 1 thn saja.
    sory y mas rada bawel:)
    thanks alot

    ndak bawel kok, cuman rewel hehehe, guyon…guyon… ndak papa, semakin banyak pertanyaan akan semakin membuat anda kaya pengalaman. akan saya jawab dan layani sebisa saya yaaa…. jadi begini, memang kalo ndak pake asli akan ngebuat head cepet rusak, saya pun mengalaminya. biasanya dalam setahun memang minta ganti, dengan kondisi hampir tiap hari ngeprint kualitas foto terus menerus, tapi bagi saya ndak masalah karena usaha cetak foto saya ini bisa mendatangkan keuntungan sekitar 2 jutaan per bulan, balik modal khan….. kalo pakai cartridge modifikasi menurut saya lebih awet karena si prin ter tidak membawa beban slang saat ngeprint kalo kita pakai sistem infus, R310 saya pernah jebol karetnya gara2 itu, so mendingan pake modifikasi kartridge saja. kalo kurang jelas jangan sungkan2 untuk tanya lebih lanjut, saya sendiri juga sedang belajaran kok… kalo bisa nulis suratnya di http://www.ponselvaganza.com ya…

  18. tocool
    Oktober 19, 2008 pukul 5:29 pm

    seblumnya thx and salut buat mas (sopo jenenge lali aku)
    maz aku juga pingn buka usaha photo + ringtone tp pingin yg sah lah abis takut sama ompol (skr tambah om jek)

    seandainya aku pake linux, compi dgn spek gimana ya trs software apa aja untuk edit photo + frame yg freeware (pernah nyoba pake face magic show gratisan eh malah ra genah)

    sementara iku sek nanti nambah lagi boleh ya mas
    thx u and kesuwun

    • Mei 30, 2011 pukul 3:38 pm

      terus terang saya awam dengan linux. jadi ngertinya pakai windows, hehehe…

  19. Oktober 20, 2008 pukul 1:51 pm

    Mas, kalo untuk printer yang A3 rekomendasina apa ya?

    • Mei 30, 2011 pukul 3:39 pm

      kalau saya pakai Epson Stylus Photo 1390

  20. Youth in rebell
    November 8, 2008 pukul 3:24 am

    mas minta bantuan juga software anti virus bwt nyambung ke pcnya kira-kira apa ya? mohon infonya donk. maklum masih gak ngerti..

    • Mei 30, 2011 pukul 3:41 pm

      software anti virus buat komputer? pakai saja AVG terbaru…

  21. ARZA
    Desember 4, 2008 pukul 9:39 pm

    Halo mas.. Saya dijambi baru2 ini saya buka tempat buat cuci foto, dlm waktu yg singkat tsb kami sdh harus ganti printer sbyk 3x. Yg terakhir coba HP2180, mslh yg kami hadapi printer tsb tidak bisa menarik kertas yang agak tebal. Kami pake fuji glossy, kira2 apa ya mas solusinya biar kertasnya bisa lancar ngeprintnya. Trims
    ..

    saya dulu juga pernah makai HP, ternyata memang seri HP itu tdk bisa menarik kertas yang tebal (lebih dari 200mm). kalau toh pun bisa, roller bakal ga awet. saran saya ganti aja pakai seri Epson. Yg saya pakai seri R230… bagaimana?

  22. Desember 22, 2008 pukul 2:01 pm

    YANG PENTING CETAK MENCETAK……TINTANYA MAS PENGARUHNYA GEDE BANGET MA WARNA….JANGAN YANG ECEK ECEK……..BELI YANG BAGUS YA APIK..AKU DAH COBA

  23. Desember 22, 2008 pukul 2:02 pm

    mampir ya ke blogku……NUMPANG PROMOSI.
    http://www.cariduit09.blogspot.com

    monggo lewat…

  24. Desember 27, 2008 pukul 3:04 pm

    salam kenal mas…aku juga dah buka usaha itu cuman baru pemula..mau tanya r230 itu cardridge modif nya kayak gimana ya..kok aku baru dengar ini…saya buka usaha di kota makassar..say tunggu jawabannya mas ya…sukses to you

    ada yg bilang sama kayak system infus, tapi ada juga yang semodel cartridge biasa tanpa system infus hanya bentuknya transparan dan bisa diisi ulang… kalo di makasar di toko apa ya adanya? aku ndak tau, lha abis lum pernah ke sana, hehehe….

  25. RaideRiderz
    Januari 17, 2009 pukul 1:09 pm

    Salam kenal ya mas.,
    Mau nanya neh,kmaren bli pnter epson r230 second punya tmen.,
    Stelah 3hari saya baru sadar kalo hasilnya kurang memuaskan.,
    Warnanya seperti lemes gitu, kurang tajam, lebih mendekati gelap,.
    Kira2 itu apanya ya mas?

    Makasih sebelumnya y mas

    bisa jadi merk tintanya tuh, tapi waktu di nozzle check ga ada masalah khan? secara umum R230 itu hasil fotonya memuaskan. coba lihat sumber fotonya, apakah masih gelap, kalo emang gelap coba diterangkan dulu…

  26. RaideRiderz
    Januari 17, 2009 pukul 1:10 pm

    Oiya, r230 ku udah infus mas
    Dtunggu jawabanya ya mas.,

    yup, dan udah kujawab… hehehe….

  27. Februari 2, 2009 pukul 7:30 pm

    salam kenal maz yang baik hati. kata temen2 yg diatas sono tuh, termasuk ane.
    aqu mo nax nih maz? aq udah hampir 2 taonan buka usaha nyetak poto, truz akhir2 ini banyak pelanggan yg komplain biz potox dah pada ngilang smua warnanya (tau sapa yg gondol), aliaz pudar, kira2 paan yach yang ngaruh…
    sy make print r230 + modif/infuss make tinta photo ink.
    truzx kertazx blue print bunga matahari 230gsm.
    qmi sangat ngarapin jawaban dr maz sang answer…

    hihihi, udah saya jawab di ponselvaganza, silakan meluncur ke sono…

  28. Februari 4, 2009 pukul 7:54 am

    boz. mau nax nih? tau nggak tempax yg ngejual Kertas Foto Fujicolor Crystal Archive nggak? diseluruh indonesia aja deh, aq dapet tp di amazon.com jd ribet belix.
    tolongin ych boz yg baik ati….

    udah kujawab di blog satunya (Ponselvaganza), hehehehe…..

  29. ummu jas
    Februari 12, 2009 pukul 6:38 pm

    maaf niy nanya, aku baru mau meluncur ke bisnis cetak foto hp ini dan sy sdg mengumpulkan informasi sebanyak2nya. saya masih belum mengerti tentang catidge modifikasi, emang cara kerjanya kayak gimana dan mempengaruhu bentuk fisik printer original g? trus apa bedanya dengan infus?

    cartridge modifikasi bentuk dan ukurannya sama persis dengan cartridge originalnya epson, hanya bentuknya transparan sehingga tintanya keliatan dari luar, so kalau tinggal dikit atau kehabisan maka tinggal suntik dari atas tanpa khawatir terlalu penuh. kalau nyuntik cartridge original khan kita ndak tahu udah penuh atau belum. kalau infus khan pakai selang keluar. silakan bertanya lagi kalau masih kurang jelas…

  30. Yusra
    Februari 13, 2009 pukul 11:56 am

    wasik dong boleh nanya lagi :). untuk perlengkapan software seperti windows, photoshop apa musti original juga?. kira2 berapa tuh budget untuk cetak foto (komputer doang dah ada).
    kira-kira berapa tuh budget ideal utk cetak foto ideal dikonter kecil gini.

    kalo nuruti aturan pemerintah ya harus ori semua, cuman kalau mau “nakal”, liat lokasi dulu, kalo pake bajakan di daerah yang ga rawan (mall, tepi jalan besar dll) ya gpp… cetak foto ideal paling butuh satu juta untuk beli printer plus cartridge modif sekaliyan beli kertas fotonya.

  31. yusra
    Februari 13, 2009 pukul 6:44 pm

    maaf ya nanya2 terus, coz ketika aku baca artikel anti gerebek, ternyata bisa bmasalah jg jika tdk mgunakan software original,utk konter kecil kayak aku yg bmodal tbatas nanti malah hy buntung ketimbang untung klo ada rajia.
    Oya,sy baru beli paket bisnis rtone dr maxistech, dpaketnya ada jg software2 buat cetak hp,kira2 software2 ini aman g ya?

    wah, kalau software dari maxistech saya ndak tau soalnya ndak pernah makai…. tanya aja sama mereka apakah ini freeware atau bukan… kalau freeware jelas aman…

  32. dede
    Februari 17, 2009 pukul 9:13 pm

    ikut nanya nie, printer qu c79 modif pake tinta dye, klo mo pindah ke durabrite musti kosongin botol – selang – sampe catrige nya? or bisa kosongin botol doang? ( disedot pake suntikan dari atas botolnya) durabrite sama gak dgn tinta pigment?

    kalo modifan, selang modifnya di cabut apa itu sama dgn catrige modofikasi? lubang bekas L nya perlu di tutup ato dibiarin menganga?

    kosongin semua dari botol, selang sampai cartridge, sebisa mungkin bersih, aku mbersihinnya pakai air terus setelah itu dikocok pakai alkohol. durabrite sama aja dengan pigment. selang dicabut ndak sama dengan modifikasi, aku pernah nyoba dan tintanya ndak keluar…. kalau kurang jelas silakan diungkapkan lagi yaaa….

  33. dede
    Februari 18, 2009 pukul 2:11 pm

    durabrite = pigment?
    di tempat kmaren modif, jual tinta dye, pigment & sublim. tapi tdk jual durabrite, geman tu boz?
    selama ini pake dye gak pernah ada nozzle yg kurang alias perfext every day, kalo durabrite bikin head kesumbat2 gak?
    selama bersihin midifanya, jarum headnya dibiarin aja ato di tutup pake apa boz?

    • Mei 30, 2011 pukul 3:43 pm

      betul, durabrite = pigment… kalau printer pakai dye ga bisa dimodif pakai pigment, nti kesumbat. tapi kalau printer pigmen bisa dimodif pakai dye…

  34. yusra
    Februari 24, 2009 pukul 3:34 pm

    Boss, kalau foto 2×3, 3×4 berapa inci? dan berapa mm?

    • Juli 1, 2011 pukul 6:17 am

      wah, 2×3 itu kan ukuran cm…. kalau di mm kan tinggal kali 10 aja.. kalau mau liat berapa inci tinggal lihat dipenggaris ajah..

  35. Herzie
    Maret 4, 2009 pukul 11:06 am

    Halu maz,
    Saya mau bka ctk foto digital neh di daerah bogor. Bs ksh info dmn tempat jualan peralatan/perlengkapan ctk foto di bogor (atau jkt jg blh). Trz,dmn jg nyari cartridge modif internalnya?
    Matur kethank qyu..
    Pareeenx..

    • Juli 1, 2011 pukul 6:18 am

      wah, kalau bogor dan jakarta saya kurang tau… coba aja cek ada ndak isilo di sana..

  36. Jack
    Maret 8, 2009 pukul 1:24 pm

    Salam kenal mas, saya dari Bandung.
    Saya sekarang kerja di percetakan jadi tukang setting, tapi saya sekarang ada rencana buat buka jasa setting sama print foto digital sendiri tapi budget modalnya cuman ada sktar 5 jtaan buat peralatannya. yang mau saya tanyain kira-kira cukup gak ?
    trus printer laser yang rencananya saya gunakan merk Hp tapi style apa? trus ada gak yg ukuran A3? trus masalah software
    apa harus ganti yang orgi semuanya soalnya tempatnya di pinggir jalan raya Bypas, kena rajia nggak? tolong sarannya yach mas, soalnya saya khawatir dgn rajianya itu! thank’s mas
    boleh nggak minta ilmu photoshopnya mas…. he.he..

    • Juli 1, 2011 pukul 6:21 am

      salam kenal juga, maaf baru balas 2 tahun kemudian hahaha…
      kalau modal 5 juta kayaknya cukup untuk beli komputer dan printer R230… selebihnya cari orang atau percetakan lain yang bisa diajak kerjasama untuk mendapatkan harga khusus sambil anda mengumpulkan modal tambahan… mslh software kalau bisa yang original terutama windows dan produk microsoft yang lain spt ms ofis. yg lain kalo ndak kuat beli bisa bajakan tapi hati2 (saya ndak ngajari jelek lho, hehehe)… sekian dari saya.. oiya ilmu photoshop yg seperti apa nih?

  37. Maret 11, 2009 pukul 8:48 pm

    Bozzz malem oyyy
    duh modal buka usaha nya gak ada yg di bawah 2 jt an ya bo, but thx eniwey bt tips nyah

    • Juli 1, 2011 pukul 6:21 am

      wah, lha harga komputer ama printer aja udah berapa atuh? hehee

  38. gendon
    Maret 16, 2009 pukul 2:38 am

    salam kenal bung…
    mo nanya ne,,gmn crx nyetak poto hp VGA supaya hasilnya maksimal…thanks

  39. ramadhan sigit
    April 15, 2009 pukul 12:08 am

    Om…. klo pke printer epson rx610 gmn?
    da softwre bingkai2 fto g?
    kira – kira harga eceran per foto brp y om?
    thanks….

  40. Limz
    April 17, 2009 pukul 11:34 am

    Numpang lewat,
    untuk foto dgn resulusi VGA bisa ditingkatkan resolusinya dgn ukuran tetap pake photoshop aja.
    (image size)

  41. Juni 8, 2009 pukul 1:24 am

    slm knl, pak sy udh bk ush ctk poto sktr 1 thnan, dl sy pake eps c90,krn kndisinya udh tua(mgkn) jd rsk,saya gnti pake t20,wktu sy pake ctk ko rasanya g srek… kyk ada grs2, tus kadang tntanya kayak blentong2(jawa punya) alias bintik2. itu knp ya??printnya atau tnta atau krts yg krg pas?? epsnku pake infs, krts blue print matahari. thanks pak sebelume…..

    • Juli 1, 2011 pukul 7:45 am

      waktu pakai C90 gimana hasilnya? apakah lebih bagus ketimbang T20? apakah tinta, kertas dan settingan yang dipakai sama? kalau semisal semua udah sama tapi hasil beda berarti ada yg bermasalah dengan printernya…

  42. Juni 8, 2009 pukul 1:25 am

    he….he…lupa… aku mhn jawabane secepate pak.. tak tunggu…..

    • Juli 1, 2011 pukul 7:45 am

      hiks, maap, jawabannya baru 2 tahun kemudian…

  43. melvin
    Juni 8, 2009 pukul 10:18 am

    mas mohon bantuannya, q melvin amu buka usaha cetak foto di Papua, karena kebeltula kuliah di sini. tapi printer yang saya pake HPF2200 yang multifumgsi, udah coba sebelum ganti tinta hasilx lumayan bagus, tapi pas udash ganti hasilnya malah kabu dan mudah tergores, kertas yang saya pake glossy…darin e-print, saya punya epson r230 tapi belum tahu cara ngimpuskannya bagaimana????
    mohon petunjuknya…

    • Juli 1, 2011 pukul 7:48 am

      seri HP dari segi kualitas gambar semestinya memang lebih bagus ketimbang merk lain yang sejenis, tapi kualitas mekaniknya yang kurang sip dan susah untuk diinfus… so pilihan tetap pada epson mengingat dia lebih tahan banting… daripada pusing nginfuskan R230 mending diinfuskan aja ke toko komputer…

  44. Juni 13, 2009 pukul 10:36 am

    usaha yang menarik untuk dicoba

  45. Juli 1, 2009 pukul 4:36 pm

    waaah…bgs jg isi yg sy bc dr blog ini,sy br buka usaha cetak dan update foto.Tp ada masalah dgn printer sy..jns printer yg sy punya Epson CX 5500,stlh sy psg infus,kt orang2 lbh irit tinta.Eehh..br 2 bln udh ngadat2 mulu,bhkan yg trakhir ini jd ngeheng sm skali ga mau jln,alias tinta ga mau keluar,Hrs sering di cleaning,sy berniat bl printer lg,tp bingung jg nau bl yg jenis apa,tlg ksh saran dan pengalamannya dong.Dan utk isi ulang tintanya yg bgs utk jenis foto dan irit gmn crnya….tlg bls lewat email ya mas…..masnya baek ht deh….he..he…(klo mau bg2 penglaman…..):-D

    • Juli 1, 2011 pukul 8:10 am

      dari dulu saya baek kok, hehehe….. kemungkinan cara nginfusnya yang salah atau kalau misal tinta ga mau keluar berarti jenis tinta atau merknya ga cocok dg printer tsb… menurut saya printer yang bagus adalah R230 epson… hasilnya ok harga kisaran 2 juta udah ama infus…

  46. n'art
    Juli 12, 2009 pukul 12:40 pm

    q…mw buka usaha cetak foto nh,,,…..tp msh blank profit dll….bwt yg dah sukses…bagi2 rahasianya …dn…!!!

    • Juli 1, 2011 pukul 8:11 am

      nah silakan baca artikel saya di atas. kalo kurang jelas bisa tanya melalui komentar..

  47. Juli 14, 2009 pukul 8:06 pm

    WAdow…mksh bngetz ya atas srn yg udh dkrim lwt emailku..mau tny2 lg bolee khan…?emang klo pke inkjet paper trus dilaminating apa ga trlalu tebel gt…he..he…ko kyknya aneh gt ya…?maap bisnya aq blm prnh cetak ft pake inkjet dilaminating,pa nantinya ga dikomplain ma konsumen…maaf lg loh bnyk nanya neh….
    Oya…dikotaku ga da yg jual catridge modifikasi pngganti infus,msl aq psen lwt mas bisa ga ya…?maaf lg jd ngerotin neh..he..he..tp mdh2an bs ya nolongin sy.Trus cr pemasangan catridge modifikasinya gmn ya,utk tintanya yg bgs sebaiknya pke yg merk apa,dikotaku lg gencar tinta merk Oliser.Klo bs psen tinta modifikasi lwt mas tlg ksh kbr ya…eh atu prtanyaan lg mas…emang R230 hrs srg di cleaning ya….?matur nuwun sanget nggih mas,aq tunggu srn berikutnya..he..he..jgn bosan ya klo aq tny2 lagi…

    • Juli 1, 2011 pukul 8:12 am

      memang sedikit lebih tebal, tapi kalau di kota saya udah umum tuh… hehehe…

  48. nurani
    Agustus 28, 2009 pukul 12:21 pm

    saya baru menjalani bisnis cetak foto, saya memakai printer R230 system infus sejak February 2009, masalahnya ini printer dah dua kali diservice, keadaannya tinta warna cyain sering tidak keluar sempurna, kalau test print nozzle check selalu ada garis yang bolong (cyan) meski sudah di head cleaning berkali-kali. selain itu hasil cetak foto selalu terlihat garis-garis (kadang parah kadang dikit). sekarang printer mulai ngadat lagi. saya bingung dengan printer saya, masalahnya dimana? mau claim ke garansi udah ga bisa.

    • wayan
      November 27, 2009 pukul 5:41 pm

      Sy punya pengalaman yg sama dg R230, tinta magenta gak normal, dibawa ke tukang servis dah bayar 30rb tetap saja gak normal (cek nozle putus2), terus saya coba ganti tinta magenta saja dg cara menguras tabung infus yg warna magenta sampai bersih kemudian saya isi dg tinta merek baru yg harganya 40rb/botol 100ml (saya beli di goldink) (biasanya saya pake yg rp 20rb/botol), saya headcleaning dan saya pake ngeprint blok khusus warna magenta, terus setelah 1 minggu bisa normal kembali. Kesimpulan: tinta berperan besar dlm menyumbat head. Coba ganti tinta cyan dg merek yg lebih bagus (lebih mahal).

      • Juli 1, 2011 pukul 8:13 am

        betul… tinta memang berpengaruh, hati2 ya… biasanya mahal memang ok, tapi jangan sampe ketipu…

  49. sirojudin
    Oktober 13, 2009 pukul 1:20 pm

    tutorial software gimp nya dunk

    • Juli 1, 2011 pukul 8:13 am

      kayaknya kalau GIMP mending gugling aja deh, saya sendiri ga seberapa bisa…

  50. Oktober 14, 2009 pukul 7:26 pm

    Halo,. salam kenal, kami PINBOO Bandung tlp.(022)91147817 – 91357313 (http://www.pinboo.org) hendak mempromosikan pruduk PIN, dlm berbagai model mulai seperti pin penitik,
    pin gantungan kunci bolak-balik, pin gantungan kunci+crop pembuka botol,
    pin magnet,dan pin gantungan kunci 1 muka, kami juga menjual laminasi(glossy, salur/kanvas, gliter, dll)
    dan bahan baku pin mulai dari ukuran 25mm s/d 75mm.
    selain itu kami juga membuat id-card instan dan menjual bahan baku id-card 2 muka(bolak balik)
    terimakasih..

  51. suparjo
    November 18, 2009 pukul 10:00 am

    mas salam kenal dulu nama saya parjo asli saya solo sekarang tki di korea gini mas yg saya tanyakan mas saya pengen bangen usaha cetak poto digital ,trs yg perlu saya siapkan utk usaha tsb apa mas? apakah saya harus membeli mesin cetak poto yg besar ? oya mas ini imail saya dimassolo@yahoo.com

    • Juli 1, 2011 pukul 8:16 am

      mmm, anggarannya berapa ya?

  52. gissell
    Januari 1, 2010 pukul 8:27 pm

    mas mu tnya ne.. kalo usaha cetak fto tu pake bluetooth? ato pake kabel data?

    • Juli 1, 2011 pukul 8:17 am

      lebih baik keduanya, tapi jaman sekarang hape udah pada blututan semua… jadi ga usah beli kabel data…

  53. yudi
    Januari 30, 2010 pukul 3:55 pm

    ada gx yg dibawah epson r320..yg kualitasny bagus terutama buat cetak foto..mhon blzannya ya..

    • Juli 1, 2011 pukul 8:18 am

      mungkin yang dimaksud R230 kali ya…? kalau dibawah itu pakai aja yang 4 warna seperti T11, hasilnya memang di bawah tapi lebih terjangkau

  54. eddy
    Februari 9, 2010 pukul 1:26 pm

    mo nanya sy pake easy photo printer r230..gimana cara merubah select layout sesuai keinginan kita..misalnya kita mau cetak pas photo 2×3 dg easy photo..trus gimana cetak poto di easy photo dg bordelles semua hasil cetak ada list puitih ??
    thanks

    • Juli 1, 2011 pukul 8:22 am

      huwaduh, saya ndak pernah pakai software itu… saya pelajari dulu…

  55. megia
    April 23, 2010 pukul 5:22 pm

    mau tanya, kalau print pakai kertas inkjet trus dilaminating apa lebih awet? trus pakai plastik laminating dingin atau panas?

    • udin
      Februari 2, 2011 pukul 4:34 pm

      saya mau tanya mas, klo ngprint pke tinta e print trus kertasnya yg silky, keapa bisa blobor ya ? printernya pk R230. mohon penjelasannya

      • Juli 1, 2011 pukul 8:22 am

        kemungkinan tintanya yang ga cocok ama kertasnya… saya kertas dan tinta sama2 pakai eprint tidak ada masalah

    • Juli 1, 2011 pukul 8:21 am

      yup lebih awet, jadi kita harus punya laminator.. masalah mau pakai yang panas atau dingin itu terserah anggaran anda, hasilnya bagi saya sama. kalau saya pakai yang panas…

  56. boedy
    April 28, 2010 pukul 4:19 pm

    ak pake R230, klu pake easy pt prnt itu klu cetak kecil (5×7 cm bordeles (16atau yg 8) hasil cetakannya tidak sama…
    disettingan kertas maksimal A4, padahal kertas foto itu lain dech ama A4(ya hampir sama) tp klu buat cetak foto kan keliatan banget tu hasilnya klu dah di potong2 ….. pa ada yg salah ama seettingn printnya? please bls…..
    ak dr akhir 2008 cetak foto, mulai pake C90, sekarang R230 ma canon MP145….

    • Juli 1, 2011 pukul 8:23 am

      saya ndak pernah pakai software itu (easy pt prnt)… coba saya pelajari dulu…

  57. Rahman
    Mei 8, 2010 pukul 7:08 pm

    maksih ………sangat bermanfaat……..

    • Juli 1, 2011 pukul 8:23 am

      alhamdulillah

  58. lukmanyudha
    Mei 12, 2010 pukul 7:12 pm

    semoga bermanfaat tulisannya.

  59. yigidrip
    Mei 24, 2010 pukul 10:26 am

    skedar menambahakan sj trik cetak foto biar mengkilap anti air dan ga pudar..

    http://yigidrip.wordpress.com/2010/05/20/cara-cetak-foto-printer-setara-hasil-fuji-lab/

    • Juli 1, 2011 pukul 8:24 am

      trims infonya ya…

  60. Juni 26, 2010 pukul 10:12 pm

    Mantap Informasinya ….. mampir www. liliramli.tk

  61. Juli 28, 2010 pukul 7:33 am

    Wah bagus Emang, kalau digrebek hilang Modal dan semuanya. mending pakai open source. Pakai Linux aja OSnya, kalau mau cetak juga Bisa namun pilih Printer Canon/HP/Epson yang support ama linux (ngak usah Nginstal) tapi semua kebanyakan support tingal bisa Ngoprek. Untuk edit sih bisa pakai GIMPs dan Inkscape. wis moga tambah seru.

    Salam, gratis Selalu dan Aman

  62. nabila
    Agustus 7, 2010 pukul 9:46 pm

    mas,ukuran2 foto 1r,2r,3r itu brapa cm ya aq bingung..
    trus klo pake printer epson t11 gmn?

  63. Oktober 2, 2010 pukul 3:09 am

    Info yang menarik dan berguna banget, thanks

    • Mei 30, 2011 pukul 3:34 pm

      sama-sama… senang bisa membantu..

  64. Oktober 20, 2010 pukul 8:45 pm

    mas, sy udah dapet cdx sejak 1 thn yang lalu, tapi baru skarang mau di pake, setelah sy buka cdx eh ternyata diminta Paswswordnya. apa bisa di krm paswx ke http://www.iisstudio@gmail.com.

    • Mei 30, 2011 pukul 3:25 pm

      password apa ya?

  65. April 22, 2011 pukul 4:55 pm

    emang mantap pejelasannya.thanks gan

    • Mei 30, 2011 pukul 3:25 pm

      sama-sama mas…

  66. April 30, 2011 pukul 1:54 pm

    masss kalau saya punya untuk jenis printer HP
    tak apa yah mas

    • Mei 30, 2011 pukul 3:21 pm

      sebenarnya merk HP itu lebih bagus ketimbang epson dan canon cuman printer tersebut mekaniknya tidak sekuat epson, jadi saran saya mending pakai epson saja. itu sudah cukup bagus dan awet…

  67. teguh utama
    Mei 6, 2011 pukul 1:00 am

    mas mau tanya bagai mana caranya mengedit photo yg kabur menjadi jelas. tlong tutorial software adobe photoshopnya. tlg dikirim ke utamakasih@gmail.com. makasih ya mas saya tunggu.

    • Mei 30, 2011 pukul 3:15 pm

      mohon maaf baru saya balas. untuk artikel tentang bagaimana cara menjernihkan foto dengan praktis ada di artikel dengan judul Menjernihkan Foto yang Buram (silakan klik judul di samping). maaf juga saya tidak menggunakan photoshop. terima kasih telah mampir.

  68. teguh utama
    Mei 25, 2011 pukul 1:11 pm

    maz saya ingin tahu bgmn mecetak photo dgn hasil yg bagus tidak pecah/pudar hasilnya
    untuk editnya pakai apa dan juga printer jenis kertas photo-tinta atau bsa beli software mks…. (semoga kitabisa tenang dan senang konsumen yg mempercayakan hasil cetakannya kepada kami)

    • Mei 30, 2011 pukul 3:33 pm

      kalau sekedar edit bisa pakai Noiseware, printer pakai R230 kemudian kertasnya pakai yang jenis glossy atau inkjet kemudian dilaminating seperti yang sering dipakai oleh photobox di mall. kalau ndak mau pakai laminating saya rasa sudah cukup pakai kertas glossy yang sudah banyak di pasaran…

  69. Rachman
    Juni 1, 2011 pukul 4:57 pm

    Klo pake printer canon MP 258 bagus ga yaa

    • Juni 2, 2011 pukul 12:48 pm

      mp258 hanya menang praktis karena jadi satu ama scanner, tapi kalo untuk cetak foto hasilnya masih “biasa” saja… kalau dibandingkan dg R230 hasilnya masih kalah jauh…

  70. Juni 10, 2011 pukul 8:14 pm

    AssAlaMUAlAiikuM MaS Mw NanYA KiRa2 MoDAl 2 JuTaaN CuKuP G Yaaa U/ BuKa usAhA Ni …. ?

    • Juni 29, 2011 pukul 8:36 pm

      cukup…. cukup sekali… beli printer baru ama komputer bekas sudah bisa…

  71. yana
    Juni 11, 2011 pukul 12:38 pm

    slm knal…
    q ru msk ne n ru mw niat bka usaha cetak fto.
    bingung jg kra2 nguntungn g y… wt nyambi2 sambl jg counter c….

    • Juni 29, 2011 pukul 8:41 pm

      tergantung lokasi, pas atu ndak… survey dulu ajah… anggarannya berapa?

  72. Juli 26, 2011 pukul 11:11 pm

    Thanks atas share ilmunya.

    • November 22, 2011 pukul 11:57 am

      sama-sama…

  73. September 21, 2011 pukul 10:32 am

    Mas apa bisa sampeyan memberikan pelajaran cara cetak photo baik cetak photo dari HP atau lainnya dengan mengirimkan CD, misalnya caranya, bahannya, alatnya dll. pokoknya lengkap deh, maklum saya tempatnya nun jauh di sana, seumpama bisa berapa biayanya. Trims atas responnya.

  74. Uyas
    Oktober 2, 2011 pukul 10:15 pm

    Slm kenal. Maz kl printer epson dg uk. Sama2 5760dpi, yg 4wrn dg 6wrn apa hsl cetakannya beda jauh? Trims

    • ato
      Oktober 28, 2011 pukul 11:33 am

      wassl,,,,,,,,,,,
      gampang Gan beli aja kompi P4 beserta printernya harga Okt 2011.
      PC:1 Jt,Printer 900 plus infus,soal cara edit poto gak usah khawatir banyak ko di goole, tinggal googling aja

      • November 22, 2011 pukul 12:41 pm

        lha, harga softwarenya? ndak diitung? brarti pakai saja bajakan, hehehe…

  75. Oktober 11, 2011 pukul 1:51 am

    aslm kum ……………………………………………….

  76. Oktober 11, 2011 pukul 1:53 am

    aslmkummmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm

    • November 22, 2011 pukul 11:46 am

      walaikumsalaaaammmmm

  77. Rusli Halim
    Oktober 14, 2011 pukul 8:11 pm

    Aslm…saya seorang pendidik..pengen buka usaha tambahan “Cetak Fhoto Digital”
    Bagaimana cara mengawali usaha ini dengan modal sedikit…??? Tolong kasi solusi…!!!

    • November 22, 2011 pukul 11:53 am

      modalnya berapa juta pak?

  78. Taufiq
    November 8, 2011 pukul 1:10 am

    mas, hasil cetak photo R230 pya sya kok gelap ya dibandingkan file aslinya…salah dimana neh..pyasya R230x [pake tinta durabrite) …ada pengaruh kertas ngga? ato tinta yang salah..?

    • November 20, 2011 pukul 8:00 am

      kalo durabrite emang agak buram mas, coba mas pake tinta merk BC Ink ( bukan promosi tapi rekomendasi ane ) hasilnya pasti cerah….

      • November 22, 2011 pukul 11:47 am

        eh, R230x kok dikasi durabrite ya? apa nggak lekas buntu tuh?

  79. November 20, 2011 pukul 7:57 am

    wah infonya lengkap kap kap… maju terus ponselkita

    • November 22, 2011 pukul 11:44 am

      alhamdulillah kalau bermanpaat buat anda… salam…

  80. hary saputra
    Desember 28, 2011 pukul 6:04 pm

    q mau tanya print yg bisa buat print pcb print pa.

    • Januari 18, 2012 pukul 10:28 am

      saya ndak tau… biasanya saya bawa file PCB saya ke tempat bikin PCB… setahu saya print saja filmnya ke kalkir pakai printer biasa (lebih baik laser) kemudian dicetakkan ke PCB terus tinggal rendam ke bahan kimia (lupa namanya) utk membentuk PCB yang sesuai dg filmnya…

  81. bantuin om
    Januari 30, 2012 pukul 11:17 am

    Mas Punya saya epson r230x, print foto ke kertas glosy kalo foto wajah masih ada bintik2 kurangnya warna padahal udah best foto…

    • Januari 31, 2012 pukul 3:37 pm

      di nozzle check sudah ok?

      • pingpeng
        Februari 5, 2012 pukul 2:21 am

        sudah mas, bisa semua soalnya printnya baru, apa salah di kertas foto apa tintanya ya mas… soalnya tintanya cuman dbilangin premium dari tokonya mas.. maaf mas banyak nanya

  82. Februari 13, 2012 pukul 3:20 pm

    banyak nanya maka ilmu yang di dapat… tapi kalau yg ditanya bengong ya mau gimana lagi, hehehe…. coba pakai kertas merk lain… coba bandingkan kalau pakai merk digipro, eprint atau yg lain… kalau hasil sama mungkin tintanya yang bermasalah

  83. pioes
    Februari 15, 2012 pukul 12:38 pm

    saya sukatopik2nya, kebetulan mau buka stodio mini foto, apa aja ya kira yg perlu saya siapkan

  84. ilham
    Februari 21, 2012 pukul 10:07 am

    gimana cara print photo hitam putih melalui epson r230.karena sering coba hasilnya gak memuaskan.trims

  85. endang dian
    April 10, 2012 pukul 9:05 pm

    mas aku perlu kertas poto, premium plus, premium silky profesional, ditoko mana bisa saya beli secara online, bagi rekan yang baca bantu juga ya kirim ke surel saya. endang_diyanto@yahoo.com

  86. Erlope_31'03'10
    Mei 6, 2012 pukul 7:18 am

    mas mau nanya nih,kan saya buka usaha sampingan cetak foto,ya kurang lebih hampir 6bulan,hehe ya mgkin baru aj ya,saya buka usaha ini setelah pulang dari sekolah,mas mau nanya pelanggan wi pada complain mas,karna fotonya lama kelamaan brubah jadi merah,saya pakai epson t13 ma kertas fotonya glossy merk Xdata
    itu kira-kira apanya ya mas,solusinya gimana ya mas
    terus cara setting print t13 untuk cetak foto itu gmn Ya mas,hehehehe
    maaf ya mas kalau saya banyak tanya
    kalau bisa kirim ke emailku ya mas di rekayasasemata@ymail.com

  87. Mei 18, 2012 pukul 11:01 am

    mas mau nanya nih,kan saya buka usaha sampingan cetak foto,ya kurang lebih hampir 6bulan,hehe ya mgkin baru aj ya,saya buka usaha ini setelah pulang dari sekolah,mas mau nanya pelanggan wi pada complain mas,karna fotonya lama kelamaan brubah jadi merah,saya pakai epson t13 ma kertas fotonya glossy merk Xdata
    itu kira-kira apanya ya mas,solusinya gimana ya mas
    terus cara setting print t13 untuk cetak foto itu gmn Ya mas,hehehehe
    maaf ya mas kalau saya banyak tanya

  88. Juli 3, 2012 pukul 10:57 pm

    cetak foto hitam putih pakek printer, hasilnya koq gak bisa sempurna gimana?
    warnanya nggak hitam putih tapi kehijau-hijau’an.
    makasih atas sarannya!!

  89. Juli 23, 2012 pukul 9:09 am

    mau tanya donk, cara setting print hitam putih di printer Epson C90 gmana ya? thanks!

  90. November 21, 2012 pukul 9:01 am

    Cak.
    Aku iso njaluk tolong ora?
    Aku saiki ndek kalimantan,kate nggawe usaha cetak foto cilik2an? Modal 6 juta.
    Alat2 sing dibutuhno enake opo?
    Cek hasil fotone apik,tp jg nggak terlalu larang banget.
    Aku komputer ono,tinggal cari printerae,enake printer sing gimana?
    Yg harganya terjangkau,namun kualitas tetap bisa diandalkan.
    Tolong cak yo,sampeyan kirim ndek emaiwlku lucky.pradana91@gmail.com

    Podo arek malange,Salam satu jiwa Lucky

  91. decky
    Januari 19, 2013 pukul 10:48 am

    ass wr wb….mas e aku arep takon cak…iki aku gawe r230…tinta non uv…trus nek arep di ganti tinta sing rodok apik ( sing gak gampang ilang iku lho lali jenenge) iku enek efek e gak nak head e? mohon pencerahanne yo mas bro…trus bales e oojo suwi2 heehehh..
    siji maneh aku njaluk tulung gaweke tutorial memperbesar foto dengan resolusi kamera hp terkecil….nah iku sing dadi perkoro nak cetak foto pinggiran koyok aku mas….matur nuwun nggih

  92. April 10, 2013 pukul 2:05 pm

    Hey there are using WordPress for your site platform?
    I’m new to the blog world but I’m trying to get started and set up my own.
    Do you need any coding expertise to make your own blog? Any
    help would be really appreciated!

  93. MELVIT
    Januari 17, 2014 pukul 1:28 pm

    Kalau pngn murah, cetak foto dg kertas HVS 80gr kmdian dilaminating. awet.

  94. MELVIT
    Januari 17, 2014 pukul 1:31 pm

    gw cetak foto pkai dye ink di kertas foto doff dan silky kok mblobor dan basah?

  95. DEWA TIMUR
    Februari 11, 2014 pukul 7:13 pm

    gw print kertas silky pkai tinta dye kok gk bsa?

  96. September 27, 2014 pukul 11:08 am

    mas.. ktanya kalo download aplikasi edit foto untuk di cetak sendiri, ada bayaran tiap bulannya lagi ya? kira”.. ada gak yg tidak perlu berbayar tiap bulanny, hanya untuk downloadny aja yg berbayar?

  1. Juni 5, 2008 pukul 4:12 pm
  2. Agustus 22, 2008 pukul 10:41 pm
  3. Mei 29, 2010 pukul 9:58 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: