Beranda > Artikel > Akhirnya Bencana Konter HP Telah Tiba

Akhirnya Bencana Konter HP Telah Tiba

Ya, teman-teman sekalian. Sesuai dengan judul di atas “Akhirnya Bencana Konter HP Telah Tiba” benar-benar terjadi. Bagi yang “merasa” sebagai pemilik konter handphone pasti merasakan dampak ekonomi berkelanjutan yang sedang terjadi sekarang ini. Sebenarnya sih, ini sedang berlaku di konter saya. Tapi setelah melihat ke kiri dan ke kanan alias melihat teman-teman yang membuka usaha jasa yang sama, kok sepertinya ada persamaan. Apakah itu?

  1. Pendapatan dari penjualan pulsa jauh berkurang
    Jujur saja, hari gini kalo konter cuman jualan pulsa dan perdana pasti berat sekali. Mengapa? Sebagai contoh, dulu pulsa IM3 5000 memiliki masa aktif seminggu. Sekarang? Boro-boro seminggu, pulsanya abis aja susah, saking murahnya. Kalau pelanggan seminggu sekali beli pulsa, lha sekarang sebulan sekali beli pulsa. Belum lagi kalo disikat ama pemain baru yang bener-bener nerapin 1 rupiah nelpon seharian kek, atau 1 rupiah sms seharian kek.
  2. Persaingan tidak sehat
    Di kota saya, Malang, semakin rapat saja persaingan, banyak konter bertebaran dan hancur-hancuran harga. Entah kok bisa begitu, mereka rela mengejar omzet tinggi dengan marjin keuntungan yang minim. Lha, mangan opo iki rek?
  3. Usaha Download Lesu
    Ini juga saya rasakan. Mengapa? Karena masyarakat jaman sekarang benar-benar dimanja oleh teknologi handphone yang canggih. Handphone baru jaman sekarang udah bisa ngenet dan  koneksinya banter banget, yang pake 3G kek, yang pake HSDPA kek dll. Walau pakai GPRS ternyata juga udah lumayan. Udah gitu udah banyak tersedia hotspot gratis yang tersebar di seluruh kota Malang, seperti perpustakaan kota, alun-alun, kampus-kampus dan lain-lain (walaupun udah ada yang mati). Ya udah, ngapain download ke konter? Download sendiri kenapa….
  4. Usaha Cetak Foto Juga Lesu
    Ini juga parah. Printer jaman sekarang udah pada murah, Rp. 500.000 dah dapet dengan kualitas foto yang lumayan ciamik. Ngapain ke konter, download sendiri kenapa, toh masyarakat jaman sekarang dah pada pinter. Dulu saya beli printernya aja dua jutaan, hiks… Silakan pikir-pikir berdasarkan artikel ini
  5. Jualan Handphone Letih, Lemah, Lesu
    Terutama yang second atau bekas. Banyak sekali ponsel palsu dan ponsel rekondisi yang membuat para konter gulung tikar atau mengalami ketertakutan seperti saya. Sering banget saya menerima ponsel palsu atau rekondisi dengan segelnya yang ciamik mirip. Udah modal gede, untungnya juga kecil. Handphone baru dengan harga 2 juta ke atas saja cuman ambil untung maksimal 50 ribu.
  6. Aksesories
    Kurang lebih sama lesunya. Kesimpulannya silakan disimpulkan sendiri.

Nah, pada akhirnya semua kembali ke kreasi, imajinasi dan MODAL kita. Kalau mau main partai kayaknya lebih prospek, tapi butuh modal gede. Kalau mau main jual beli handphone juga gitu, harus siap-siap modal besar, ta[pi juga harus siap dengan resikonya. Manajemen dan pemasaran atau promosi harus bener-bener kuat. Kalau buka konter dengan mengandalkan pulsa dan perdana kayaknya beraaat banget, kecuali Anda bisa main nomor cantik, tapi kita tetep butuh keberuntungan.

Sekian uneg-uneg saya. Silakan mampir ke ponselvaganza.com.

About these ads
  1. Andrian
    September 19, 2008 pukul 11:35 pm

    Kalo menurut saya, sebenarnya setiap usaha akan mengalami pasang surut… Hanya kita (pelaku usaha) harus tetap optimis dan mencari celah untuk bisa menemukan sesuatu yang baru, meskipun berasal dari hal yang lama.

    Dan tidak semua kemajuan dinikmati dan bisa dilakukan oleh pemilik HP… dan tidak semua pemilik HP menggunakan fasilitas yang ada. Ada juga yang memilih cara praktis dan cepat, serta mudah… ya itu tadi, dengan melalui counter-counter. Tinggal perubahan pada pemilik counter adalah vasilitas yang lebih baik, dan yang terutama, RAMAH kepada pelanggan dan calon pelanggan. Gimanapun, akan lebih nyaman kalo pemilik yang menghargai pelanggan (beli ataupun tidak) daripada pemilik yang merasa pelanggan hanya membeli hal yang sepele dan murah jadi tidak terlalu diperhatikan.

    Padahal, pelanggan yang puas juga merupakan salah satu cara marketing murah dan tanpa biaya. Mereka akan getok tular (bercerita) ke teman, saudara dll tentang counter kita.

    terima kasih banyak pak atas masukkannya….

  2. zein83
    September 20, 2008 pukul 10:01 pm

    hmmmm..gw kurang setuju deh dngan kata2 :Bencana Konter HP Telah Tiba
    nyatanya saya membuktikan sendiri,sampe sekarang konter saya lancar2 aja(cuma service/jual handphone/aksesoris/pulsa) tanpa download dan cetak foto
    yang jelas menurut saya,untuk sebuah konter yang pengen maju,dibutuhkan skill yang cukup,kejujuran untuk menambah image dan dipercaya konsumen,dan ingat rejeki ada yang ngatur boss…jangan nyerah dunkk….

    http://zein83.wordpress.com

    siap pak… makasih banyak yooo….

  3. tantan
    November 10, 2008 pukul 3:30 am

    bukanya dah berapa lama??
    dr taun ke taun emang kaya begini in.. kalo abis lebaran ampe taun baru emang rada melorot.. tggu aja dr mulai januari ntar,, gw jamin rame lagi broww. keep going n never give up okk…

    • Mei 3, 2011 pukul 6:18 am

      sip… terima kasih supportnya…

  4. cenik
    November 10, 2008 pukul 10:33 pm

    yo piye toh…kok ak ga ngerasain ya…!!! warungnya kurang jampi2 kali ato sms aja ke 9088 tanya si mbah…mumngkin kamu cocoknya jualan gaple bukan jualan hp…

    • Mei 3, 2011 pukul 6:19 am

      mbahnya masih tidur… nti aja tak tanyain lagi…

  5. raka
    November 11, 2008 pukul 8:59 am

    ya mudah2an saja itu tdk terjadi smpe di daerahku (lombok),karna aku rencana mau buka konter hp plus download gitu..ya modal kecil2an aja.kalo ada temen2 yang punya tips dan trik yg bagus usaha konter hp,boleh donk kirim ke : rakagantengxx@yahoo.co.id thanks…

    • Mei 3, 2011 pukul 6:20 am

      silakan bagi pembaca lain yang mau memberi saran kepada teman kita yang mau usaha ini…

  6. nakamura
    Desember 15, 2008 pukul 4:17 am

    emang boss buka outlet hp kaga gampang, gw pernah ngalamin. usaha di outlet hp itu jujur aja profitable-nya ga masuk diakal kita mesti modalin barang itu gede ambil keuntungan 10% aja susah. makanya gw juga buru2 banting setir pindah usaha dibidang lain yg lebih sehat. bukan gw bikin down ya, sekedar ngomong apa yg pernah gw alamin waktu buka usaha hp. intinya yg bakal maju itu si distributor yg ngambil target gede, kita yg buka usahanya mah sengaja digencet, beli barang sistem putus, turun harga supplier ga mau tau, kita lagi yg rugi. terus2san subsidi silang lama2 makan apa kita.. bagi yg usaha hp mah mesti pandai2nya aja dah gw juga kaga ngerti mesti gimana jalan keluarnya, yg ada yg gw rasain cape deh..

    sama sekali ndak bikin saya down kok, namanya aja juga pengusaha, hehehe. pasti dunk ndak boleh down. karena semua apa yang dikatakan oleh sekitar atau lingkungan termasuk anda adalah hal yang positif. semuanya adalah saran dan kritik yang membangun, apalagi anda mau membagikan/share ttg usaha anda. tentu baik juga buat saya. makasih buanyak lho yaa…

    • Februari 5, 2011 pukul 12:36 pm

      Kalau menurut sy, usaha jual pulsa, cetak foto, dll gampang sekali tuk di tiru,,,anak SD saja sdh pinter jualan pulsa,,,anak SMP jadi masternya,,, anak SMU jadi Operator atau SERVERnya,,,,,tp jgn menyerah dulu,,,sekarang sy memilih jd konter berjalan aja..yg tak perlu sewa tempat,,,hanya saja perlu koneksi yg sebanyak2nya….tuk dijadikan sebuah pasar heheheh

  7. SoBaT
    Desember 21, 2008 pukul 8:45 am

    woalaah….. gini toh kejadian sampeyan….????!!? hmmmm… tenang ajha boss, spt td ada yg bilang bahwa rezeki itu dah ada yg ngatur, trus lgi namanya usaha itu pasti ada pasang surutnya, kga ada di dunia ini yg di atas terus usahanya… lht saja sekrng negara amrik tuh… lgi ngalamin resesi kan…? perusahan otomotif terkemuka yg ada d sana juga pailit bahkan terancam bangkrut.. Nah sama halnya dgn kita, tak luput dari semua itu. Memang benar dlm usaha yg kita lakukan skrng ini ada faktor yg paling utama adalah PELAYANAN… ini terbukti oleh saya.. dmna di daerah saya (Bandung) org yg jualan pulsa/hp berjarak sekitar -/+ 10-30m antara konter… Tp Alhamdulillah pelanggan masih jg berdatangan banyak ke konter saya.. ini menurut pengakuan salah satu pelanggan dan marketing dari slh satu operator.
    Ada tips yg mungkin bisa membantu meningkatkan penjualan di konter kita :
    – Jangan sungkan berkata “Terima kasih” kpd pelanggan atas pembeliannya.
    – Luangkan waktu dan kasih penerangan yg kita ketahui apabila ada seorang pelanggan yg menanyakan sesuatu hal yg berhubungan dgn tlp cellular.
    – Kalo bisa kasih bonus kpd pelanggan setia, tdk harus yg mahal atopun special, ato klo mampu ya boleh ajha si ksh dia HP.. :p xexexe.. yg terpenting di sini adalah bagaimana spy pelanggan tersebut teringat kpd konter kita yg selalu baik dlm pelayanannya, dan yg paling penting dari maksud tujuan tersebut adalah spy pelanggan tadi membicarakannya kpd orng lain tentang konter kita.
    – Kasih pengertian kpd konsumen yg komplen dng produk kita, dan tetap di dlm area kesopanan.

    Ok, semoga comment trhead saya ini membantu anda.

    terima kasih banyak, mas… sangat membantu sekali. iya nih, bisa saya terapkan apa yang udah Anda terangkan tadi… ma kasih banget lho. jangan sungkan2 mampir lagi. oiya, selain blog ini, saya juga ngelola Blog Ponselvaganza. silakan mampir ke sana dengan artikel yang lebih menarik lagi. dan jangan sungkan dan rajin kirim komentar serta sarannya yaa…

  8. Januari 5, 2009 pukul 11:51 am

    thanks banged atas
    informasinya. iformasinya sangad membantu. aku sekarang punya dasar dan perencaan kalo mw buka konter, best regard dah. untuk yang mw mengeahui pendapatan dan pengeluaran konter Anda untuk setiap periode hari, minggu, bulan dan tahun bisa menggunakan program konter HP yang dapat di download secara gratis di http://www.bitmax-nusantara.com

  9. Januari 9, 2009 pukul 12:06 am

    Wah.. asik blognya.. podo aremane kie.. podo mbulet nang kontere pisan.. cahyooo mas.. eh cayo….

    wah, sejak kapan ayas kie ganti jeneng…. qeqeqeq…..

  10. Januari 11, 2009 pukul 7:30 pm

    jgn nakut2in dunk…aku dh rencana buka konter nih :(

    lho, ndak nakut-nakutin, cuman ngasih informasi saja, hehehe….

  11. Februari 25, 2009 pukul 11:00 pm

    Sabar lan Tawakal yoh cak…… usaha iku yo pancen ngono… kon yen dinehi rame terus yoh ora iso ngrasake sepi, yen dinehi sepi terus yoh ora iso mangan, dadi yoh iku adhile Gusti Allah. Yen pancen lagi sepi yoh sabar…. tawakal, intropeksi… opo sing kurang, yen onok sing kurang yoh didandani………. kurang amal mungkin Cak.. he… he… ;))

    • Mei 3, 2011 pukul 6:21 am

      mungkin ae cacak’e iki kurang amal…. suwun diilingne…

  12. Mei 20, 2009 pukul 5:36 pm

    tenang aja rejeki masing-masing sudah di atur. kalau mau banyak rejeki harus kerja n bs mengembangkan kretifitas. PRINSIP SUKSES optimis wajib…sabar harus..dan Usaha pasti

    • Mei 3, 2011 pukul 6:22 am

      betul….. siap… terima kasih supportnya…

  13. azizshe
    Juni 2, 2009 pukul 7:56 pm

    pokoke tetep semangat bos…

  14. Agustus 7, 2009 pukul 12:41 am

    Setuju bro, silahkan pada di tutup tu semua konter hp, biar aku sendiri yg buka xixixixixixix

  15. yowismura
    Desember 22, 2009 pukul 3:06 pm

    piye iki wong aku lagi mulai usaha buka konter kok wong2 wis podo ngomong ngono,bingung aku.wis nek ono sing arep ngenei saran sing apik men podo sukses usaha kontere,tak tunggune

    • Mei 3, 2011 pukul 6:24 am

      usaha iu menuju 2 hal = sukses & tidak sukses… belum tentu anda bisa meniru orang menjadi sukses, so keputusan ada di tangan anda… silakan cari informasi sebanyak-banyaknya… sukses…

  16. Noval
    Januari 19, 2010 pukul 6:48 am

    saran saya klo kamu belum memiliki skill untuk bersaing,mending kamu membuka didaerah yg masih minim konter hp,ya tp kalkulasi dahulu jumlah penduduk.benernya sih lebih baik bodoh diantara yg pinter drpd pinter sendirian,jd klo kamu emang punya program jangka panjang untuk buka konter,alangkah baiknya jika kamu promo terlebuh dahulu.saya promo,merugi antara 10-20jt perbulan dg subsidi silang slama 6bulan.setelah 6bulan sampe skr marjin saya terus meningkat,tp klo mau promo pinter2 riset skill saingan bisnis dg kebutuhan konsumen.trs jng sekali2 menjelek2kan pesaing bisnis,sebab pesaing bisnis adalah motivator kita untuk maju,sedangkan konsumen hanya mengikuti pelaku bisnis,trs introspeksi diri setiap usaha harus jujur,tekun dan tawakal.jika usaha kita byk madarotnya ga akan maju-maju usaha kita.diawal cobalah jujur dalam perkataan,sebab mulut adalah senjata hidup.mulutlah awal principle management.kejujuran adalah next behaviour therapy,kata2 bohong adalah down behavior therpy.ok

    • Mei 3, 2011 pukul 6:25 am

      komentar yang membangun… terima kasih atas masukannya.

  17. Noval
    Januari 19, 2010 pukul 6:50 am

    haloo….saran saya klo kamu belum memiliki skill untuk bersaing,mending kamu membuka didaerah yg masih minim konter hp,ya tp kalkulasi dahulu jumlah penduduk.benernya sih lebih baik bodoh diantara yg pinter drpd pinter sendirian,jd klo kamu emang punya program jangka panjang untuk buka konter,alangkah baiknya jika kamu promo terlebuh dahulu.saya promo,merugi antara 10-20jt perbulan dg subsidi silang slama 6bulan.setelah 6bulan sampe skr marjin saya terus meningkat,tp klo mau promo pinter2 riset skill saingan bisnis dg kebutuhan konsumen.trs jng sekali2 menjelek2kan pesaing bisnis,sebab pesaing bisnis adalah motivator kita untuk maju,sedangkan konsumen hanya mengikuti pelaku bisnis,trs introspeksi diri setiap usaha harus jujur,tekun dan tawakal.jika usaha kita byk madarotnya ga akan maju-maju usaha kita.diawal cobalah jujur dalam perkataan,sebab mulut adalah senjata hidup.mulutlah awal principle management.kejujuran adalah next behaviour therapy,kata2 bohong adalah down behavior therpy.ok

  18. bvahtiar
    Januari 26, 2010 pukul 9:30 am

    “BUKA USAHA NGGAK KAYA?? PERCUMA!” kayaknya buku yg di tulis oleh Safir Sanduk ini perlu anda baca berulang-ulang.
    sejak th 2001 aku udah makelaran HP dari pintu kost2an satu ke pintu yg laen, hasilnya gak seberapa seh tapi cukup buat nambah uang kuliah. Alhamdulillah… th 2004 setelah dpt pengalaman dikonter temen aku bs buka konter sendiri walau hy se ukuran 2×3,5m. memasuki th 2006 aku K.O krn manejemen yg kurang bagus di tambah saingan yg semakin banyak krn lokasinya daerah kampus. pertengahan th 2006 aku pindah ke daerah pinggiran. walau jarang konter HP daerahnya sangat rawan, kejambret 2x kebobolan sekali hingga hrs mulai lagi dr nol. bahkan hampir putus asa.
    akhirnya kumulai lagi dg sabar. memasuki th 2007 aku merasakan hasilnya.
    Alhamdulillah skrg py 5 karyawan dan jg punya usaha lain selain konter HP.
    rintangan dan hambatan pasti ada dalam suatu usaha, tetep optimis bos!
    (Bahtiar-Jember)

    • joko
      April 19, 2010 pukul 12:33 am

      salut boss maju trs

    • Mei 3, 2011 pukul 6:25 am

      salut…salut… semoga tambah sukses ya…

  19. Februari 6, 2010 pukul 2:19 am

    siiiipppp bos…..tetap semangat hadapi apapun yang menghadang MAJU TERUS BOS………

    • Mei 3, 2011 pukul 6:26 am

      siap… majuuuuuuuuuuu… terima kasih atas dorongannya…

  20. Februari 6, 2010 pukul 2:21 am

    ohya masukan aja neh… jangan pelit ilmu pada konsumen yang penting kita bisa berbagi rasa dengan konsumen agar meraka betah gitu dikonter kita hehehehee…….

    • Mei 3, 2011 pukul 6:26 am

      betul juga ya…. ok bos..

  21. joko
    April 19, 2010 pukul 12:34 am

    salit boss maju trs

  22. April 28, 2010 pukul 8:51 am

    mau memperbaiki hadphon gman caranya yah,,,,

    • Mei 3, 2011 pukul 6:27 am

      rusaknya apa ya?

  23. Juni 25, 2010 pukul 10:06 am

    Yang sabar ya Mas…

    Kebetulan usaha kita sama, setelah menjamurnya konter-konter di tempat saya akhirnya saya coba Online kan Usaha saya ini. Dan hasilnya Alhamdulillah cukup lumayan. dari Rp.100 saya kumpulkan, sampai akhirnya tiap bulan saya mendapatkan income tambahan yang cukup untuk menghidupi keluarga, istri dan anak2 saya.

    Semoga kita selalu menjadi mahluk Tuhan yang pandai bersyukur.

    Salam
    Siswoyo Hadi Lukito

    iya pak, terima kasih banyak atas supportnya…. semoga sukses yaaa…. salam kenal…

  24. November 18, 2010 pukul 8:41 am

    Betul sekali sebagai pelaku usaha memang ada pasang surutnya tentunya kita bukan hanya sabar tetapi harus bisa putar otak agar usaha kita tetep exis, yang terpenting jangan pernah berhenti untuk belajar itu intinya apapun yang terjadi gunakan sebagai pelajaran yang ahirnya nanti akan berimbas positif pada diri kita dan usaha kita tentunya.

    • Mei 3, 2011 pukul 6:28 am

      betul pak… terima kasih atas masukkannya… semoga sukses untuk kita semua…

  25. Januari 6, 2011 pukul 4:37 pm

    mau bisnis menguntungkan?
    jualan aja HP Quran RAZTEL dengan fitur terlengkap mengenai Content Islami seperti Al Quran Digital , Arah Kiblat, Terjemahan 28 bahasa, Doa, Hadist, dan semuanya FREE semur hidup tanpa takut kena pulsa.
    Harga Eceran cm 950ribu.
    Klo Ada yg mau jadi dealer, Harga Khusus..
    Info lengkap klik aja http://www.raztel.com
    Thanks
    regard

    Dendy
    02194794073.

    • Mei 3, 2011 pukul 6:27 am

      awas, promosi lewat….

  26. nikimuracell
    Juli 30, 2011 pukul 10:23 pm

    teap optimis,meskpun bnyak persaingan!!!ambil sisi positifnya saja gan…
    semakin banyak knter itu semakin bagus,ingat pasti ada seleksi alam!!!
    siapa yg kuat bertahan dia yg akan menang…
    [ekerjaan bisa di tiru,tp rejeki tdak gan….!!!!
    NIKIMURA CELL NONGKOJAJAR

  27. September 12, 2011 pukul 1:12 pm

    Mantab mas,,,Saya baru buka sebulan ini ,,,
    Pertama baca judule sy meh pingsan mas, Kaget,,,”Akhirnya Bencana Konter HP Telah Tiba” waduh,,,deg deg serrrr,,,akhire nekad sy baca isine ,,, dan Alhamdulillah semua yg ditulis disini Insya Allah bermanfaat bagi saya dan semua , matur suwun nggih mas .
    Bawor cell – Majenang Cilacap Jawa Tengah.

  28. Tony
    Mei 13, 2012 pukul 1:35 am

    Salam Kenal, saat ini saya rencana buka konter dengan lokasi yg strategis & populasi padat namun berada di tengah lingkungan yg banyak konter HP.
    Sy berencana mngeluarkan modal skitar 50 jt (basic konter hanya jual beli Hp). Modal uangnya mau Utang dr Bank..,jk dipikir2 dngan melihat situasi skrang ini,jelas berkesan nekat dan terlalu beresiko.
    Tapi justru : dgn byknya konter tersebut sy lakukan riset pasar guna melakukan inovasi marketing dibanding smua pesaing2 sy nantinya, dan dengan modal ckup besar + Hutang artinya sy pertaruhkan masa depan,maka sy wajib memanage keuangan dengan sangat bijak.
    Sy sadar betul bahwa nantinya tidak akan semudah teori namun saya yakin smua bisnis memliki seni tersendiri untuk menghadapi setiap tantangan yg ada didepannya.
    Ibarat kata, kalo dikejar anjing kita dapat melompati dinding yg cukup tinggi, maka begitu juga ketika kita semakin terhimpit keadaan, kita harus secepatnya melakukan lompatan mental dan kreatifitas,karena kita memilih jalur wirauasaha bukan karyawan…,memang kudu siap mumet..

  29. Januari 21, 2013 pukul 8:43 am

    Memang aq jg ngrasain, tp qta jg hrus update cra brpkir. Brg2 jg hrus d update. Trus tmbahi skil, misal servis HP. D Tmpat sya (prabumulih), ada yg jual HP dgn keuntungan 5rb rupiah per HP, tp keuntungan bsa mencpai jutaan per hari karena Hp yg terjual tk kurang dr 200 buah per hari.

  30. hadi
    Februari 20, 2013 pukul 10:50 am

    Mas saya baru 9th buka konter hp,memang diawal buka saya merasakan keuntungan yg luar biasa dimana prinsip ekonomi yg saya pelajari benar 2 berlaku,modal kecil .tp keuntungan yg besar,mulai 2008 saya merasakan prinsip ekonomi mulai hilang,krn persaingan dan kemajuan teknologi ..saya bertahan hanya dengan mampu memperkerjakan 2 org karyawan saja.Dan skr konter 80% istri yg kendalikan,saya alhamdulillah skr bisa buka expedisi pengiriman paket,beginilah bertahan untuk hidup jgn terpaku kepada 1 usaha.

  31. Juli 8, 2013 pukul 3:50 am

    Howdy, i read your blog from time to time and i own a similar one
    and i was just wondering if you get a lot of spam responses?
    If so how do you stop it, any plugin or anything you can advise?
    I get so much lately it’s driving me mad so any support is very much appreciated.

  32. Juli 14, 2013 pukul 12:37 pm

    Your means of describing all in this post is truly nice, every
    one be capable of simply be aware of it, Thanks a lot.

  33. Juni 20, 2014 pukul 2:12 am

    Fantastic post however , I was wondering if you could write a litte more on this
    subject? I’d be very thankful if you could elaborate a little bit more.
    Cheers!

  34. Juli 25, 2014 pukul 8:23 am

    Hi mates, good paragraph and nice urging commented
    here, I am really enjoying by these.

  35. palakkers
    Oktober 24, 2014 pukul 4:39 pm

    kalau menerut saya orang malang tu,
    hidupnya keras-keras,
    pulsa habis ngak di isi karna ngak ada duit untuk mengisinya,,
    pindah kota aja lagi namanya aja udah kota malang..

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: