Beranda > Tips 'n Trik > Tips Beli Ponsel Bekas

Tips Beli Ponsel Bekas

Nhaaa ini murni tulisanku yang tak sadur dari web stasiunhp.com. seperti yang telah kita ketahui bahwa merk dan seri handphone semakin banyak dan selalu sering keluar seri baru dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Buat kita yang pingin beli handphone dengan banyak fitur tapi kantong tidak mendukung pasti ada keinginan untuk membeli handphone bekas atau istilah kerennya hanphone seken. Gimana cara beli handphone bekas yang baik. Stasiunhp berbagi tips berikut, semoga membantu

  1. Cari referensi toko HP yang memiliki kredibilitas dalam hal penjualan handphone bekas. Banyak banyaklah bertanya pada teman, rekan, saudara, terutama yang punya pengalaman membeli HP bekas dan merasa puas dengan pelayanan si penjual. Paling sip kalau kita punya kenalan dekat teman yang punya konter handphone, tapi ndak njamin juga.

  2. Cari referensi merk dan tipe handphone yang anda inginkan. Cermati fitur-fitur yang ada dan cari tahu berapa pasaran harga brand new-nya. Jangan sampai setelah beli terus Anda menyesal karena fiturnya ndak sesuai dengan yang Anda inginkan. Sering-sering aja pinjem hp teman.

  3. Cari referensi harga, baik baru maupun bekas dari satu konter ke konter yang lain (kalau telaten) atau bisa juga dari website bahkan stasiunhp.com juga menyediakan daftar harga dari para member konter lho. Jangan sampai Anda menyesal karena ternyata kemahalan

  4. Saat berada di toko/konter penjual handphone, jangan malu atau sungkan untuk menguji kelayakan ponsel tersebut. Apa saja yang perlu di cek dari handphone tersebut?

  • Kelengkapan. Terdiri dari handset/hp, dos paket buku pedoman, charger. Cek kesamaan imei dengan menekan *#06# (GSM) pada handset dengan backcasing dan dos paket. Kalau tidak sama dengan backcasing berarti sudah pernah service dan kalau tidak sama dengan dos paket berarti dos paket itu bukan bawaannya.
  • Garansi. Cek kartu garansi resminya apakah masih ada dan berlaku. Kalau tidak berlaku tanyakan ke penjual apakah dia menggaransi barang dan tanyakan berapa lama (biasanya dalam hitungan hari atau minggu)
  • LCD. Cek layar LCDnya, ada yang menggaris atau tidak, burem atau tidak. Coba juga setting kontras atau brightnessnya.
  • Sinyal. Jangan lupa cek sinyal dengan mencoba handset menggunakan kartu/simcard
  • Speaker dan Mic. Speaker ada 2 macam, Untuk mendengarkan penelepon dan untuk suara ringtone/musiknya. Coba ringtonenya, kalau nggak bunyi coba cari settingannya, kalau misal tetep nggak nyala berarti speakernya tidak berfungsi. Coba juga untuk telpon, kalau terjadi pembicaraan dengan baik dengan lawan telepon (suara jelas tidak kemeresek) berarti masih bagus.
  • Segel. Awas banyak segel resmi palsu bertebaran, sangat mirip. NOKIA bahkan gregetan dengan hal yang satu ini. Kalau segel resmi sudah tidak ada pada baut dan baut terdapat bekas pernah di buka pakai obeng atau terdapat segel selain segel resmi berarti sudah pernah servis.
  • Baterai. Baterai palsu juga banyak beredar, atau baterai dengan merk lain juga sering dipasang di handphone bekas. Kalau baterainya sudah menggembung berarti sudah tidak bagus. Barang yang satu ini agak sulit mengecek karena tidak mungkin kita ngecek atau mencoba seharian di toko. Baterai NOKIA palsu biasanya pada bagian atas warna hitam tidak terbuat dari karet tapi plastik dan keras.
  • Charger. Terkadang oleh penjual diberi charger merk lain bukan originalnya. Biasanya kalau dicek bisa menge-charge berarti beres.

Demikian dari kami semoga membantu dan selamat berburu.
Sukses…!!!

Kategori:Tips 'n Trik Tag:
  1. Maret 6, 2010 pukul 1:56 pm

    Info yang cukup bagus.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: