Beranda > Artikel > Menghitung Pemakaian GPRS di Komputer

Menghitung Pemakaian GPRS di Komputer

Sekarang sudah musim banget ngenet di komputer menggunakan handphone sebagai modemnya. Saya sendiri menggunakan Star One Pasca bayar dan lumayan stabil, kecepatan rata-rata di tempat saya sekitar 15 kB/s, byte lho, bukan bit. Bagi saya ini termasuk banter, apalagi sinyal di tempat daku ngenet cuman 3-4 bar (menggunakan 2280 dengan kabel data). Kalau pakai 2865 tambah buanter lagi. Saya menggunakan volume based dalam hal berinternet, bukan time based dalam hal ini menggunakan Paket ngenet 1 GB/bulan. So, penggunaannya berdasarkan pada jumlah data yang di download dan yang diupload. Cuman sayang kita ga bakal tau udah abis ngenet berapa, jadi untuk mengetahui jumlah pemakaian ngenet kita, sangat sip menggunakan GPRS Counter ini. Mengapa? Ini produk dalam negeri loh, silakan liat “About”nya di bawah ini

Tertarik? Silakan download di sini, gedenya 1,55 mb. Silakan langsung install aja. Meski buatan dalam negeri, bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris. Oke, setelah lancar menginstall silakan liat keterangan berikut ini :

  1. Ketika kita konek dengan internet dan mulai browsing maka tampilannya bakal seperti ini

    Keliatan kalau saya abis ngenet selama 27 menit 30 detik. Ngenetnya saya set di kecepatan 225.0 Kbps (ini bit lho, bukan byte). Yang warna merah adalah receive atau ketika kita download dan biru adalah transmit atau ketika kita upload data. Nah, angka yang menunjukkan “142,7 Kb/s max” itu berarti dalam kondisi tersebut maksimal data yang sedang proses adalah 142,7 Kb/s. Angka 0 besar itu sebenarnya menunjukkan Cost atau biaya ngenet (kita bahas nanti), tapi tidak saya atur.
  2. Nah, sekarang klik kanan pada layar GPRS Counter, kemudian pilih Option. Pada tab General, Anda bisa mengatur transparasi layar GPRS Counter dan Info Boxnya. Selain itu juga bisa mengatur, apakah GPRS Counter akan berjalan otomatis ketika booting awal Windows. Untuk settingan lain silakan dipelajari sendiri.
  3. Tab Display, di sini Anda bisa mengatur tampilan layar GPRS Counternya. Mulai warna untuk Receive dan Transmit, memilih tampilan berupa Kbps atau KBps sampai posisi Info BOX (yang isinya Speed, Receive, Transmit dan Session).
  4. Pada tab Cost, Anda bisa mengatur harga pemakaian per kilobytenya atau per megabiyte. Jangan lupa centang “Display Cost on Info Box
  5. Untuk yang lain silakan dipelajari sendiri.

Okey, selamat mencoba. Ada pertanyaan?

  1. Mei 26, 2008 pukul 4:21 pm

    kayaknya udah di bahas di di PULSA

    benul, sebenarnya artikel2 saya ini sudah banyak yang ngebahas, saya cuman berusaha membahas dengan menggunakan bahasa saya sendiri. ma kasih ya, mau mampir. jangan sungkan2 mampir dan kasih saran yaa…

  2. roelly
    Agustus 13, 2011 pukul 9:43 pm

    Nah…sekarang gimana mengkonversinya dengan tarif dari provider – thanks bro

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: