Beranda > Artikel > Fakta Tentang Nokia

Fakta Tentang Nokia

Anda pecinta Nokia? Sudah pernah tau fakta-fakta yang pernah beredar? Kalu belum silakan diliat, sebenarnya ini juga lagi berburu tentang vendor-vendor atawa pabrikan yang lain. Oke, selamat membaca ya…..

  1. Kartu GSM komersial pertama dibuat pada tahun 1991 di Helsinki (Finlandia) melalui jaringan suplai Nokia, oleh Perdana Menteri Finlandia, yaitu Harri Holkeri yang menggunakan ponsel Nokia
  2. Nokia merupakan pembuat kamera terbesar di dunia, pada setiap penjualan kamera yang dipakai telepon selular melebihi cara biasa yang digunakan oleh pembuat kamera. Saat ini Nokia diakui sebagai perusahaan manufaktur kamera digital terbesar di dunia karena penjualan ponsel berkameranya selalu memenuhi target lebih daripada perusahaan manufaktur kamera lainnya.
  3. Tidak seperti produk modern yang lain, ponsel Nokia tidak secara otomatis memulai call timer saat dihubungkan, tetapi saat percakapan dimulai. (kecuali ponsel seri 60 seperti nokia 6600, kalo lupa seri 60 silakan klik sini)
  4. Nama kota Nokia berasal dari dari sungai yang mengalir melalui kota. Sungai tersebut, Nokianvirta, dinamai seperti kata lama Finlandia yang berarti cerpelai, cemara pine marten. Spesies binatang pemangsa ini yang berbulu hitam yang kecil pernah ditemukan di daerah tersebut, tetapi sekarang punah.
  5. Pelafalan kata “Nokia” dalam bahasa Finlandia, lebih ditekankan pada huruf konsonan pertama dan vokalnya diucapkan secara pendek. Namun bahasa Inggris versi Amerika mengucapkan kata “Nokia” dengan memberi penekanan pada huruf konsonan yang berada di tengah.
  6. Nada dering “Special” yang ada di setiap ponsel Nokia untuk menerima pesan SMS, sebenarnya adalah kode Morse untul “SMS”. Selain itu, nada dering SMS “Ascending” sesungguhnya adalah kode Morse yang artinya “Connecting People”, yang kini dijadikan slogan Nokia. Nada dering SMS “Standard”, juga merupakan kode Morse untuk huruf “M” yang berarti Message atau pesan.
  7. Nada dering “Nokia Tune” sebenarnya diambil dari permainan gitar “Gran Vals” seorang musisi Spanyol bernama Fransisco Tarrega. Pada awalnya nada dering “Nokia Tune” bernama “Grande Valse”, namun pada tahun 1998, ketika semua orang sudah mulai mengenal Nokia, maka orang-orang lebih senang menyebutnya “Nokia Tune”.
  8. Kadangkala Nokia disebut juga dengan “Aikon” (kebalikan dari huruf Nokia) oleh para pengguna ponsel non-Nokia dan para pembuat software ponsel, karena kata “Aikon” digunakan dalam paket software SDK setiap ponsel termasuk Nokia SDK jenis Symbian seri 60.
  9. Nokia juga memberi dukungan pada beberapa acara Alternate Reality Games (ARG) di Eropa sejak tahun 1999 hingga 2005 dengan menjadi sponsor resmi. Hal ini tidak lain bertujuan untuk mempromosikan produk ponsel-ponselnya sekaligus memperkenalkan format ARG ke seluruh Eropa.
  10. Nokia masuk dalam daftar 20 besar perusahaan yang paling diminati di seluruh dunia berdasarkan majalah Fortune tahun 2006 (urutan pertama dalam bidang jaringan komunikasi dan urutan keempat sebagai perusahan non-Amerika).
  11. Dalam persaingan pasar ponsel, Nokia merupakan kompetitor terbesar dari Motorola, Sony Ericsson, Samsung, LG, Philips, Kyocera, SAGEM, dsb.
  12. Huruf / Tulisan (Font) yang digunakan Nokia adalah AgfaMonotype Nokia Sans yang didisain oleh Eric Spiekermann. Sebelumnya, Nokia menggunakan font jenis Agfa Rotis Sans baik dalam iklan produknya maupun dalam buku panduannya.
  13. Terakhir nih, jika anda perhatikan, seluruh model ponsel Nokia yang beredar di kawasan Asia tidak memiliki digit angka 4, karena oleh sebagian besar masyarakat Asia, khususnya tradisi chinese, angka tersebut diyakini membawa kesialan atau hal buruk lainnya.

Fakta-fakta di atas saya ambil dari berbagai sumber, ada yang dari mobitren dan studiohp.com yang dimuat duluuuu tahun 2006. Yah, posting ini untuk sekedar mengingatkan dan selain itu pasti banyak juga yang belum tahu. Iya ndak?

  1. ipk4cumlaude
    Mei 29, 2008 pukul 11:56 am

    Wow lengkap sekali.
    Kalau yg point 13, maksudnya ga ada tombol 4 apa gimana sih?

    maksutnya itu tidak ada seri Nokia yang memakai angka 4. coba masa ada seri Nokia 4500, 5410, 9840, 4410, 4312, 4657, 4902, 4000, 4001, 4002, 4223, 4444, 4344, 4904, 4667, 7456, 5400 dll

  2. jinsansun
    Mei 29, 2008 pukul 12:07 pm

    maksudnya no imeinya kali Bro, kalo salah koreksi

    bukan, maksutnya serinya, ndak ada yang pake angka 4 kayak 7640, 4400 dll

  3. Mei 30, 2008 pukul 7:43 am

    hehehe… udah nggak pake nokia lagi😀

    sini, aku beliin, heuheu…. lha terus skr pake apa?

  4. Mei 30, 2008 pukul 10:23 pm

    heheheh baru tau nih faktanya

    nhaaaaa, mangkanya harus sering dan wajib mampir ke sini, biar ndak ketinggalan berita, heuiauhiauheiuhai

  5. Mei 30, 2008 pukul 10:37 pm

    wah blognya IT banget. Saya suka bisa kesini. lebih suka lagi karena coekma dah kesasar ke bog saya. tengkyu. jangan kapok. salam kenal.

    pasti saya ndak kapok kok pak, tuambah sueneng…

  6. agus16
    Juni 2, 2008 pukul 5:30 am

    Sebenarnya asal kata Nokia adalah dari seorang putri keraton majapahit..yang konon cuantik puol.. Nokiyem… Halah kabuur…

    halah, kabur jugaaaaa

  7. Juni 15, 2008 pukul 3:36 pm

    Dari ngalam juga bosz? Lam nal ya..

    yoi, dari malang nih…. lam kenal juga… makasih kunjungannya…

  8. mmi
    Juli 26, 2008 pukul 2:21 pm

    wah wah…
    lengkap bgt info nya… ^_^

    makasih… makasih….

  9. Februari 11, 2009 pukul 10:21 pm

    Thanks ya untuk informasinya

    zama-zama…

  10. Oktober 18, 2013 pukul 5:14 am

    Woah! I’m really enjoying the template/theme of this website.

    It’s simple, yet effective. A lott of times it’s challenging to get that
    “perfect balance” between user friendliness and visual appearance.

    I must say you’ve done a very good job with this.
    Also, the blog loads ery quick for mme on Internet explorer.
    Superb Blog!

  11. Desember 19, 2013 pukul 8:08 pm

    Wow, this post is good, my younger sister is analyzing these kinds of things,
    thus I am going to let know her.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: