Beranda > Artikel > Virus “Operator”

Virus “Operator”

Mungkin ada yang bingung dengan judul di atas. Apa sih maksutnya? Banyak sekali pelanggan-pelanggan yang pada berdatangan ke konter handphone saya dengan keluhan yang sama. “Mas, handphone saya sepertinya kena virus. Abis dapat SMS dari Indosat kalo kartu saya diblokir demi kemanan pengguna. Soalnya katanya abis kirim SMS terus menerus ke nomor tertentu. Gimana donk mas? Saya khan ga bisa pacaran lagi nih”, gitu deh katanya. Selidik punya selidik ternyata itu juga berimbas ke operator lain. DAN, permasalahan itu terjadi pada ponsel dengan platform symbian kayak 6600, 3230, 7610. Jadi, ponsel java apalagi ponsel jadul kayak 3310, 8210 dkk tidak bakal kena. Nah, menurut “sang operator”, hapenya kena virus, so harus diflash atau format ulang dulu. Aneh juga, padahal penyebabnya kayaknya dari si operator. Kalo kita bawa ke “Nokia”nya, dia bilang kalo sim cardnya yang kena virus. Nah lho….

Solusi kalo menemukan hal beginian :

  1. Keluarkan kartu SIM dan memory cardnya.
  2. Format ulang atau flash handphonenya di konter yang menerima servis, biaya sekitar 50-75 ribu, tergantung kota domisili Anda menyervis.
  3. Ganti simcard dengan yang baru, kalo kepingin nomornya tetap bawa saja ke operator dan minta ganti kartu baru. Kalo sononya ga mau bilang aja hilang ditelan anjing.
  4. Amankan data memory card ke komputer Anda dan kemudian format memorynya di komputer. Setelah itu format lagi di handphonenya dan JANGAN SEKALI-KALI mengkopi data memory lama tadi ke memory yang sudah diformat. Entar bakal kumat lagi (ada kemungkinan begitu).
  5. Kalo sudah beres, silakan masukkan SIM Card baru dan memory yang sudah diformat dan gunakan dengan normal seperti biasa.

Semoga saja bisa membantu. Any question my friend? Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya dan kirim pendapat serta komentar Anda. Maaf tidak berhadiah, huehehehe…

  1. Hendri Romansyah
    November 23, 2011 pukul 10:55 pm

    Mas , trus kira-kira kalau sim card terjangkit virus dapat merusak handphone tidak mas ? ‘

    tolong diberi penjelasan ya mas apa saja akibat-akibat yang ditimbulkan mas.

    TErima Kasih. . .

    • Desember 1, 2011 pukul 9:51 am

      kalo masa sekarang sepertinya sudah tidak ada lagi keluhan sejenis seperti postingan saya di atas (postingan di atas saya buat pada tahun 2008, 3 tahun yang lalu). proteksi dari operator sepertinya sudah lebih oke… memang anda mengalami keluhan seperti postingan di atas?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: