Beranda > Tips 'n Trik > Melihat Lokasi dan Waktu Pemotretan

Melihat Lokasi dan Waktu Pemotretan

Kalo kita-kita lagi moto-moto atau motret-motret, biasanya kita lupa lokasi motonya. Lha kok bisa…?? Maklum terkadang kita suka banget motret pemandangan-pemandangan sewaktu kita travelling atau jalan-jalan, sampai lupa tadi itu lokasi motretnya di mana yaa? Nah, sekarang kita dah bisa aplikasikan hal tersebut pada handphone yang memiliki fitur GPS seperti N78. 3310 juga bisa, hehehe… Masak iya…

Kamera N78 memiliki kemampuan untuk bersinergi dengan teknologi GPS yang sudah disemayamkan pada hape itu. Cuman syaratnya GPS harus dapet sinyal dari satelit, kalo ga ada sinyal ya ke laut ajah. Fitur ini biasa disebut Location Tagging. Biasanya proses pencarian sinyal dari satelit berlangsung agak lama tergantung keadaan setempat, entah itu waktu mendung, hujan, di dalam bis atau bahkan di dekat gedung tinggi. Nah, kalo dah dapet sinyal, posisi pengambilan foto akan tercantum dalam bentuk koordinat yang tercatat dalam metadata foto.

Berikut untuk mengaktifkan fitur “Location Tagging” :

  1. Masuk Menu Kamera kemudian tekan Option -> Settings -> Record Location -> pilih ON
  2. Setelah “ON” maka pada saat di dalam menu kamera akan muncul simbol parabola. Jika ada X pada parabola berarti tidak ada sinyal, berarti lokasi tidak dapat tercatat. Kalo tidak ada tanda X berarti ada sinyal dan lokasi pemotretan bakal tercatat.

Berikut untuk menampilkan hasil foto yang memiliki data lokasi :

  1. Masuk ke hasil-hasil foto atau lihat preview foto.
  2. Di bagian bawah foto akan terlihat lambang parabola (tanggal dan jam juga terlihat). Nah, tekan Option dan pilih Show on Map.
  3. Setelah itu Aplikasi Nokia Maps akan terbuka dan memperlihatkan lokasi pengambilan foto.

Nah, mudah bukan. Sebenarnya yang bikin susah adalah kita ndak punya hapenya, saya aja minjem temen, itupun cuman bentar, huehehehe. O iya sebagai informasi tambahan, hasil foto yang kita upload ke Flickr.com juga akan terlihat lokasinya, asal settingan Akun kita di flickr kita aktifkan dulu, yaitu meng ON-kan fasilitas Import Location Data.

Selamat mencoba. Kalo ndak punya hapenya silakan minjem temen yang punya. Kalo bisa sih beli aja… Ntar aku pinjem.😀

  1. Bijane5
    Desember 1, 2008 pukul 10:07 am

    Waduh2 yg pnya blog kok gak mdal bgt sih!!Msak mnjem!!😦
    klo dah slsai ntar gw mnjem jga ya!!😀

  2. Bijane5
    Desember 1, 2008 pukul 10:08 am

    Waduh2 yg pnya blog kok gak mdal bgt sih!!Msak mnjem!!Hri gni mnjem!!😦
    klo dah slsai ntar gw mnjem jga ya!!😀

    ya gimana lagi, lha wong blog ini aja juga ngambil yang gratisan kok, hehehehe….

  3. Desember 25, 2008 pukul 3:37 pm

    goodlah infonya, sing palinter tah tas masuk blog ini!!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: